• 7 May 2024

Ciri Hamster Stress dan Cara Mengatasinya

uploads/news/2022/02/ciri-hamster-stress-dan-35401656829d585.jpg

Sahabat Tani, pasti kalian tidak mau kalau hewan peliharaan yang disayangi stress atau bahkan berujung kematian. Hamster sebagai hewan menggemaskan sangat sensitif terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan mudah sekali terserang penyakit. Maka dari itu sudah seharusnya kita menjaga dan merawat dengan baik agar hamster terhindar dari stress. 


Umumnya yang kita ketahui, Hamsteri memang senang bermain. Hal ini sesuai dengan pengalaman Eka pemilik toko Om Hamster yang mengatakan ciri-ciri stress pada hamster bisa dilihat dari tingkah lakunya. Biasanya hamster yang stress akan cenderung bersikap aneh seperti lebih agresif menggigit pemiliknya, bulu hamster rontok, lari memutari kandang, menggigit mainannya sendiri atau bahkan hamster yang aktif terlihat murung.


Biasanya hal ini disebabkan oleh hamster butuh teman, butuh lingkungan baru, atau ingin terserang penyakit. 
"Stress dari tingkah lakunya sih, kalau hamster itu suka salto-salto nggak jelas, salto kaya backflip gitu beberapa kali dalam lima menit. Kadang suka muter-muter kandang. Yang pertama bisa stress karena lingkungan kandang. Suka gigit-gigit mainan atau kandang yang jari-jari besi, dia murung saja biasanya aktif maksudnya dia murung saja nggak mau main, nggak mau makan itu biasanya ada indikasi stress atau sakit," ungkap Eka. 


Untuk mengatasi kondisi hamster stress, langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu mengeluarkan hamster dari kandang dan membiarkan hewan kecil ini mengeksplor ruangan kamar kita. Jangan biarkan hamster terlalu lama berada di kandang, kita harus berinteraksi lebih atau mengajak hamster bermain agar tidak stress.


“Bagusnya nggak papa dilepas saja biar dia mengeksplor ruangan kamar kita, kebanyakan sih orang takutnya hamster masuk ke kolong lubang-lubang yang ada di kamar. Jadi kita harus tetap awasi dan lebih diajak bermain hamster nya. Biasanya yang bikin umur hamster panjang sih kayak gitu, kita harus lebih interaksi sama hewan peliharaan kita dan nggak bagus kalau hamster harus hidup di kandang terus, diajak main,” tambah Pria umur 29 tahun ini.


Bentuk kandang ideal bagi hamster itu bisa berupa kontainer box atau akuarium minimal ukuran 30cm kali 30cm untuk satu sampai dua hamster. Kita juga perlu menempatkan kandang di area yang tenang. Harus ada celah untuk ruang bermain hamster dan dilengkapi dengan rumah-rumah hamster, roda putar, jungkat jungkit dan permainan untuk hamster lainnya.


“Idealnya sih kalau hamster bentuk kandangnya kayak kontainer box, bak, atau akuarium minimal ukuran 30cm kali 30cm untuk satu atau dua hamster. Cuma kalau hamster beranak, nanti perlu tambahan kandang atau diupgrade lagi ke yang lebih besar,” tutup Eka.

 

Related News