• 26 April 2024

Musang Lovers Jakarta Ubah Stigma Negatif

"Selama ini kan stigma Musang Negatif yah, dianggap hama. Nah kita mau ubah stigma itu, bahwa itu salah,"

Sahabat Tani, Musang merupakan hewan buas yang banyak diburu oleh Petani dan Peternak. Musang dianggap hama karena mereka kerap memakan hasil pertanian dan hewan peternakan. Akibat perburuan dan konsumsi, kini beberapa jenis musang sudah mengalami kepunahan.


Karena perburuan dan kepunahan dari beberapa jenis Musang tersebut, menjadikan Komunitas Musang Lovers Jakarta ini bergerak mensosialisasikan kepada masyarakat untuk berhenti melakukan perburuan terhadap Musang.


"Kita tuh pengen edukasi stop perburuan di alam," kata Ikhsan, salah satu pengurus Komunitas Musang Lovers Jakarta.


Komunitas yang disingkat MLJ ini, ingin merubah stigma Negatif Musang yang beredar di masyarakat. khususnya di dunia peternakan dan pertanian bahwa hewan mamalia itu bukanlah hama.


"Selama ini kan stigma Musang Negatif yah, dianggap hama. Nah kita mau ubah stigma itu, bahwa itu salah," ujarnya.


Iksan mengatakan, komunitasnya sering mengedukasi masyarakat bahwa bukan tanpa sebab musang turun ke pemukiman. Hal itu terjadi karena Hutan tempat tinggal mereka dirusak oleh manusia. Sehingga mereka turun ke pemukiman untuk mencari makan.


"Kita juga ngasih edukasi ke warga warga ke masyarakat, Musang kan dianggap hama pemakan ternak, makanin ayam, makanin buah-buahannya petani, dianggap hama makannya diburu. Kenapa Musang itu bisa makanin hewan ternak ? karena kelakuan kita sendiri. Kenapa hutan tempat dia hidup di rusak gitu. Kersediaan makanan dia ga ada, makannya dia turun ke pemukiman buat cari makanan," jelasnya.


Kumpulan Pcinta Musang ini, bukan hanya sekedar memelihara Musang saja. Tapi ada pula yang berternak Musang. Hal itu dilakukan sebagai salah satu pencegahan perburuan Musang di alam.


"Kita di rumah pelihara musang bukan cuma pelihara aja tapi dibreeding juga jadi nanti ketika si penghobi penghobi musang ini mau, ya ga perlu ngambil dari alam," harapnya.


Selain mengedukasi untuk tidak memburu Musang di alam, komunitas yang berdiri sejak tahun 2012 ini juga mengedukasi masyarakat mengenai cara perawatan musang yang benar, dan tempat yang tepat untuk mengadopsi musang.


"Kita juga suka mengedukasi masyarakat cara merawat musang yang benar, juga sering ada yang nanya dapetin musangnya dimana," katanya.


Bagi sahabat Tani yang tidak memiliki musang, tetapi ingin menjadi bagian dari Komunitas Musang Lovers Jakarta, tidak perlu khawatir. Kalian bisa gabung tanpa memelihara Musang. Bagi sahabat Tani yang berniat untuk memelihara dan ingin mempelajari tentang musang, kalian dapat hadir langsung di lokasi atau kalian dapat menghubungi melalui akun instagram official.mlj_cengkareng, karena Komunitas ini sangat terbuka loh Sahabat Tani.


"Tidak harus punya musang langsung dateng aja, setiap hari minggu jam 4 sore, di Taman Kencana Cengkareng Jakarta Barat," katanya.

Related News