• 15 April 2024

Simak Penyebab Entok Sakit dan Penanganannya

"Jaga kebersihan, kekeringan kandang dan pakan yang bergizi. Kalau ada Entok yang keliatan kurang sehat langsung di isolasi dan diobati,"


Entok merupakan hewan unggas yang sangat familiar ditelinga Sahabat Tani bukan? Hewan unggas yang satu ini, terkadang membuat kita keliru karena memiliki bentuk tubuh yang hampir menyerupai bebek. Masuk dalam jenis unggas, dengan memiliki kemiripan bentuk tubuh, jenis makanan bebek dan entok juga hampir sama, kedua hewan ini berkembang biak dengan cara yang sama yaitu bertelur atau disebut dengan Ovipar.


Terlepas dari persamaan entok dan bebek, kali ini team Jagadtani akan membahas mengenai penyakit yang dapat menyerang entok. Bagi Sahabat Tani yang sedang berternak entok, penting sekali untuk memastikan bahwa hewan ternak kita sehat, dan tidak sakit. Bam Satrio akan menjelaskan kepada Sahabat Tani nih, penyakit yang sering terjadi pada entok.
Sebelum membahas penyakit pada entok, Sahabat Tani harus mengetahui salah satu faktor penyebabnya terlebih dahulu.


"Kandang kotor yang lembab, pakan buruk, dan materi baru dari luar biasanya jadi penyebab datangnya penyakit," katanya.


Kebersihan kandang harus diperhatikan karena kandang menjadi salah satu faktor datangnya penyakit, Sahabat Tani. Entok dapat terserang penyakit seperti mata berair, pilek, dingin, lumpuh, cacingan dan virus.
"Penyakit entok biasanya mata berair, dingin, lumpuh, cacingan dan virus," jelasnya.


Jika penyakit di atas menyerang entok peternakan, Sahabat Tani tak perlu khawatir. Karena Bam memberi tahu obat yang kerap ia gunakan jika entok di peternakannya sedang sakit. "Mata berair di tetesan betadin, Pilek atau snot atau crd dikasih trimezyn, Lumpuh dikasih kalk atau kalsium dan ostelin," ujarnya.


Untuk menghindari terjadinya penyakit yang menyerang entok, Bam mengatakan harus menjaga kebersihan area kering pada kandang. Untuk mengurangi penyebaran penyakit pada hewan ternaknya, ia memisahkan entok yang dilihatnya kurang sehat dari entok yang lain.


"Jaga kebersihan kekeringan kandang dan pakan yang bergizi, Kalau ada yang keliatan kurang sehat baru di isolasi dan diobati," katanya.


Selain dipastikan kebersihannya, kandang entok haruslah terdapat area kering. "Kandang wajib bersih dan ada area kering agar entok bisa berteduh ga kedinginan saat hujan," jelasnya.


Pemilik BLJ Farm di kawasan Bekasi Jawa Barat ini memberi kesimpulan bahwa pada dasarnya, merawat entok sangatlah mudah, yang paling terpenting adalah menjaga kebersihan dan memberi makan yang baik untuk memenuhi gizi dan pertumbuhannya.

 

 

Related News