• 5 May 2024

Harga Hancur, Wortel Dijual Seiklasnya

uploads/news/2022/02/harga-hancur-wortel-dijual-1489089af2988ed.jpg

Petani wortel sudah pasrah dengan harga yang merosot tajam. Jika harga normal wortel Rp5.000/kg kini merosot tajam hingga Rp1.000/kg. Harga yang tidak masuk akal bagi para petani wortel sehingga mereka nekat menjajakan dengan berkeliling kota Boyolali. Langkah ini jadi aksi petani wortel asal Selo - Boyolali demi menyikapi harga wortel dipasaran.

Dengan menggunakan lima mobil jenis pickup, para petani membawa 5 ton wortel hasil panen mereka. Tujuannya ke depan kantor dinas Ketahanan Pangan Boyolali, keinginan utama dalam aksi ini adalah mendapatkan tanggapan dan tentu saja mendapatkan solusi.


Hancurnya harga wortel hasil panen petani Boyolali disinyalir karena masuknya wortel dari luar pulau Jawa. Belum lagi ulah tengkulak yang membatasi hingga mengatur masa panen wortel sehingga makin memperburuk pendapatan petani.


Nilai harga wortel Rp1.000/kg tentu tidak masuk akal dibandingkan biaya bibit, penanaman hingga pupuk. Tentunya pemerintah setempat harus berupaya mencarikan solusi agar petani dapat menikmati hasil jerih payah mereka. Paling tidak, jangan sampai selalu merugi disetiap masa panen wortel.


Menyikapi anjloknya harga wortel, Kepala Dinas Ketahanan pangan Boyolali, Joko Suhartono mengaku bisa memahami kesulitan petani wortel di Selo. Selanjutnya ihaknya beserta jajaran terkait akan segera berdialog dengan petani guna mencari solusi yang dijadwalkan pada pekan mendatang (Selasa, 1 Maret 2022).


Masa Panen Wortel
Wortel dengan nama latin Daucus carota tergolong sayuran yang mengandung banyak sekali manfaat kesehatan. Kandungan pada wortel terdiri vitamin dan mineral, terutama biotin, kalium, dan vitamin A dari beta karoten, vitamin K1, dan B6. Tentu seluruh kandungan tersebut sangat baik bagi tubuh manusia.


Wortel dapat ditanam pada berbagai media, termasuk air dengan sistem hidroponik. Untuk media tanah, wortel dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dan subur. Dengan suhu berkisar 7 - 29 derajat celcius, masa panen wortel berkisar 50 - 75 hari dari waktu tanam. Kelebihan masa tanam wortel tidak mengenal waktu atau sepanjang tahun dan dapat ditanam di dataran mana pun.

Baca juga : Khasiat Jus Wortel bikin imun naik


Semoga Sahabat Tani Wortel di mana pun dapat menikmati hasil panen kembali dengan harga yang sesuai.

Related News