• 15 April 2024

Benarkah Mandi mempengaruhi pertumbuhan Entok?

uploads/news/2022/02/benarkah-mandi-mempengaruhi-pertumbuhan-70668b4663f6a47.jpg

"Entok mandi sendiri bisa membuat hewan lebih tenang, rileks sehingga pertumbuhannya juga bisa cepat dan lancar"


Sahabat Tani, kebersihan menjadi bagian terpenting bagi makhluk hidup. Sedari kecil kita diajarkan untuk menjaga kebersihan, salah satunya dengan mandi. Selain menjadi bersih, dengan mandi kita bisa mendapatkan kesegaran setelah lelahnya beraktivitas.Tapi sahabat Tani tahu tidak, bukan hanya manusia saja yang harus mandi, unggas juga harus mandi loh.

Untuk menjaganya agar tetap sehat, hewan harus dipastikan tetap bersih, baik kandang maupun tubuhnya. Beberapa jenis hewan mamalia seperti kucing, dengan menjilati tubuhnya mereka dapat dikatakan sedang mandi. .

Sahabat Tani, Kira-kira bagaimana ya pemandian Entok ? Apakah sama seperti burung ? Mari kita simak penjelasan dari Paksy Adiyatma.


Sebenarnya tidak berbeda seperti burung yang mandi dengan disemprotkan dari luar sangkar atau dimasukan ke dalam kerambah (tempat mandi khusus burung) oleh pemiliknya. Namun entok dapat dikatakan mandiri, karena ia dapat mandi sendiri loh sahabat Tani.


"Tidak dimandikan, tapi mandi sendiri. Karakter Entok dapat menentukan kebutuhannya sendiri, namun yang terpenting menyediakan tempat mandi," ujarnya.


Untuk tempat pemandian Entok tidak harus kolam yang besar. Cukup sediakan wadah yang berisi air bersih.
"Tempat mandi di kandang saya berukuran Panjang 3 menter, lebarnya 1,5 meter untuk 20 ekor Entok, mandinya bergantian tidak barengan," jelas peternak Entok asal Solo Jawa Tengah itu.


Ketika Entok mandi bukan hanya sekedar bermain air saja loh Sahabat Tani. Paksy mengatakan bahwa ketika Entok mandi, ada manfaatnya. "Entok mandi sendiri bisa membuat hewan lebih tenang dan rileks, dan pertumbuhan juga bisa cepat dan lancar" katanya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Bam Satrio, pemilik BLJ Farm. Jika Entok kurang mandi, dapat mempengaruhi pertumbuhannya. "Kalau kurang mandi pertumbuhan Entok bisa terganggu baik body dan bulunya" jelasnya.


Jika Sahabat Tani tidak memiliki lahan yang besar untuk membuat tempat pemandian bagi entok, Sahabat Tani bisa menggunakan bak mandi. Karena yang paling terpenting dalam pemandian Entok adalah harus menggunakan air bersih.


"Cukup sediakan bak mandi, dan air diganti setiap hari," Ujarnya.


Walau terbiasa mandi sendiri, jika Sahabat Tani ingin memandikan Entok, boleh sekali loh. Dengan menggunakan sikat halus dan sabun atau Shampo. Tapi ingat sahabat Tani, menyikat bulu Entok tidak boleh terlalu kencang ya, lakukan secara lembut dan perlahan. Agar tidak melukai tubuh dan juga bulu Entok. Kasihankan Sahabat Tani jika niat kita ingin membuat Entok bersih dan menyikatnya dengan keras, namun malah melukainya. "Memang lebih baik disikat dan pakai shampo" ungkap Bam Satrio.


Perlu diingat juga nih Sahabat Tani, tempat pemandian Entok usahakan berada jauh dari kandang ya. Agar area perkandangan tidak terkena air. Jika terlalu dekat dengan area perkandang, maka kandang akan basah dan lembab sehingga akan menimbulkan penyakit pada Entok. Selain mandi, Entok juga harus diimbangi dengan pakan yang bergizi. Agar Entok dapat bertumbuh dengan sehat dan cepat.

Related News