• 29 March 2024

Mengenal Jenis Tarantula Layak Dipelihara Pemula

Tarantula sebagai keluarga dari laba-laba yang mulai digemari untuk dipelihara. Ternyata cukup banyak spesies dari tarantula yang telah ditemukan. Tercatat spesies hewan eksotis ini mencapai 800 spesies seperti Gramostola, Bracyphelma, Tlitoctal, Sericophelma, Aphonophelma, Harpactira, Poechiloteria, Avicularia, Monochentropus, Lasiodora, dan masih banyak jenis yang lainnya.

Banyak yang beranggapan hewan ini menakutkan dan menyeramkan bagi para pemula. Namun, untuk para penghobi sudah tidak heran dengan berita tersebut. Sebab keunikan dari Tarantula yang membuat para penghobi semakin ingin mengoleksi jenis-jenis dari Tarantula.


Untuk saat ini sudah banyak penghobi Laba-laba Tarantula yang merawat, memelihara, serta ternak. Selain sebagai hobi, hewan menyeramkan ini juga dapat dijadikan sebuah hiasan yang unik diruangan.
Walaupun seluruh Laba-Laba Tarantula mempunyai racun yang dapat mengakibatkan bentol serta ruam di area gigitan. Tetapi jangan khawatir, racun pada Tarantula tidak mematikan bagi manusia, jadi aman untuk dipelihara maupun dirawat.


Pemilihan jenis untuk pemula perlu diperhatikan, tentunya dari jenis yang tidak membahayakan, harga yang di bandrol tidak terlalu mahal, mudah untuk dirawat, dan dapat beradaptasi serta berinteraksi dengan pemilik. Sebab, ada beberapa jenis Tarantula yang sulit untuk berinteraksi dengan pemilik.
Lalu, jenis apa yang aman bagi pemula yang ingin memelihara serta merawat Laba-Laba Tarantula? Simak penjelasan Njup penghobi dan penjual Laba-laba Tarantula.


"Buat pemula yang mudah, kalem dan harga murah dari species Bracypelma. Dibandrol harga mulai dari 80 hingga 100 ribu slingan. Jenis ini low venom tingkat racunnya rendah," tegasnya.


Walaupun pemula banyak meragukan Laba-laba Tarantula dapat dipelihara dan dirawat, jenis Bracypelma menjadi salah satu incaran para pemula. Sebab dengan karakter dan harga yang terjangkau menjadi incaran pemula untuk mencoba.


"Species Bracypelma yang ada di saya ada beberapa jenis yaitu, Bracypelma Boehmi, Bracypelma Hamorii, Bracypelma Emelia, dan Bracypelma Klasii. Masing-masing mempunyai keunikan sendiri, saya kasih contoh seperti Emelia keunikannya dia berasal dari Meksiko mempunyai warna kemerahan kehitaman," jelasnya
Jenis dari spesies Bracypelma mempunyai keunikan, seperti warna pada tubuh yang berdominan oren dan kehitaman yang dapat menarik para pembeli. Kemudian, umur pada jenis ini dapat bertahan hidup hingga 12 tahun bagi betina, sedangkan jantan sekitar 7 sampai 8 tahun.


Selain itu, spesies ini jarang sekali menggigit manusia. Jika ia merasa terancam hewan ini akan mengeluarkan bulu tajam dan gatal kepada penyerang, namun bulu pada spesies ini tidak menganggu dibandingkan dengan spesies lain.


Jadi, Bagaimana Sahabat Tani? Tertarik untuk mencoba jenis Laba-laba Tarantula spesies Bracypelma.

Related News