• 16 June 2024

Mengenal Super Red, Si Reptil Vegetarian

Dominasi warna Iguana memang hijau, namun juga ada berwarna Merah dan biru. Warna ini bukan kelainan."


Sahabat Tani, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar hewan Iguana. Reptil berkaki empat ini, memang sangat familiar di telinga kita. Tapi sahabat tani tahu tidak, jika Iguana tidak hanya memiliki tubuh berwarna hijau saja. Iguana memiliki warna selain hijau, seperti Biru dan Merah.


Iguana hadir dengan spesies warna-warna cantiknya yang didapatkan karena memiliki Genetic berbeda. Jadi bukan karena kelainan ya. Agar Sahabat Tani dapat lebih jelas mengenal iguana Super Red ini, mari kita simak penjelasan dari Karenina pemilik Iguana Super Red.


“Ini bukan kelainan, tapi ini karena genetic," katanya.


Iguana Super Red ini terjadi karena perkawinan antara dua Iguana yang memiliki Genetic Super Red. Sehingga menghasilkan anakan yang Super Red pula. “Kalau merah gini tuh harus Jantan dan Betinanya bawa gen Super Red. atau minimal kedua indukannya memang memiliki gen Red. Dari hasil perkawinan tersebut akan menghasilkan anak iguana Super Red,” jelasnya wanita yang memiliki rambut hitam lurus itu.


Iguana Super Red ini, memiliki warna merah mencolok dan garis-garis hitam yang melingkar dari pangkal ekor hingga ujung ekor. Namun Sahabat Tani harus merawat dengan baik agar warna merahnya tidak memudar atau berkurang karena tubuh Super Red kekurangan betakaroten.


"Kalau warnanya kurang ya karena kekurangan betakaroten yang disebabkan menu makannya hanya seperti touge dan kangkung saja. Hasilnya, pertumbuhannya memang bagus dan subur gitu tapi warnnya kurang,” ujarnya.


Karenina selalu memperhatikan asupan makanan yang diberikan kepada Super Rednya itu. Perihal makanan, Super Red termasuk ke dalam kategori Herbivora atau vegetarian sehingga hanya pemakan sayuran dan buah-buahan.


"Kalau buat meningkatkan warna dapat dengan memberikan makanan yang mengandung betakaroten tinggi seperti ubi, labu, dan wortel. Ini sudah pernah saya lakukan dengan memarut wortel yang kemudian diberikan pada Iguana Super Red agar dapat naikin warna lagi,” katanya kepada Team Jagadtani saat ditemui di Mall @ Alam Sutera Tangerang, Banten.


Untuk menjaga kebersihan Super Red, cukup mudah dengan menyemprotkan air ke tubuh Super Red ketika sedang berjemur. Dengan cara seperti itu, tubuh Super Red dapat memenuhi kebutuhan air melalui kulitnya yang dapat menyerap air. Wanita yang menggunakan seragam Ogreswamp.id itu juga menuturkan bahwa Super Red harus sering berjemur di bawah sinar matahari.


“Berjemur tiga kali seminggu, minimal dua atau satu kali seminggu masih aman. Iguana harus dijemur langsung di sinar matahari. Harusnya sih lebih sering jemur lebih bagus. Itu pas dijemur juga sekalian di spray dengan air. Karakter iguana tidak hanya mengandalkan air minum tetapi juga kulitnya dapat menyerap air,” pungkasnya.

Related News