• 29 March 2024

Langkah Mudah Merawat Tarantula Bagi Pemula

uploads/news/2022/03/langkah-mudah-merawat-tarantula-9049921e45e678a.jpg

Secara umum, Laba-laba Tarantula adalah hewan eksotis yang mudah dipelihara. Dengan postur tubuh yang berukuran besar dan berbulu, hewan ini tidak memiliki perawatan khusus dibandingkan dengan hewan lain. Walaupun tidak memiliki perawatan khusus, bukan berarti Tarantula tidak dirawat oleh pemiliknya.

Berdasarkan dengan jenisnya Tarantrula dibagi menjadi dua, jenis New World adalah jenis yang biasa dipelihara para penghobi saat ini. Sebab karakter pada jenis New World lebih kalem dan tenang. Agar lebih memahami, silahkan simak penjelasan Njup penghobi dan penjual Laba-laba Tarantula.

"langkah merawat tarantula sangat mudah, bahkan bagi pemula. Terlebih tarantula hanya makan satu kali seminggu. Untuk ukuran baby persling cukup dengan mengkonsumsi ulat hongkong atau kaki jangkrik. Jika sudah agak besar bisa pakai jangkrik, kecoa turkish atau dubia dan juga silkworm. Tarantula pencernaannya lambat, sehingga bila dipaksakan untuk makan nanti malah terjadi sesuatu yg tak diinginkan, seperti bisa pecah abdomen saat berada di enclo akibat gesekan atau gagal molting," tegasnya
Perlu diperhatikan saat ingin memberikan makan kepada hewan satu ini. Tarantula tidak diberikan makan secara teratur seperti hewan yang lain.

"Terus minum juga cukup disemprot aja buat baby, kalau dewasa sediakan air saja di dalam kandang. Tarantula kalau kepanasan bisa dehidrasi, jadi cukup pelihara diruangan tertutup dan hal terpenting tidak kepanasan," ujar pria umur 38 tahun

Selain dari segi pemberian makanan dan minuman, Tarantula juga mempunyai tempat tinggal sama halnya dengan hewan lain. "Wadah yang digunakan dengan ukuran 3x panjang rentang kaki depan sampai belakang. Kemudian untuk alasnya diberikan tanam organik yang berisikan serbuk sabut kelapa atau yang biasa disebut cocopeat, itu secukupnya aja. Kalau ingin terlihat natural cukup diberi hiasan tumbuhan palsu, kayu kering maupun batuan," jelasnya.


Tarantula tidak mandi, ia akan membersihkan diri melalui pergantian kulit atau yang biasa disebut proses molting. Perawatan pada Tarantula mudah, namun kebersihan kandang harus tetap diperhatikan. Makanan yang masih tersisa segera dibersihkan, karena dapat membusuk dan dapat menimbulkan penyakit.


Lakukan interaksi dengan hewan satu ini, tetapi bukan berarti hewan ini perlu kasih sayang dari pemilik. Tarantula tidak membutuhkan kasih sayang seperti hewan peliharaan lain. Interaksi pada hewan ini cukup diperhatikan dari luar kandang saja, sebab hewan ini display pets.
Walaupun cukup mudah untuk dilakukan, terkadang pemilik mengabaikan perawatan pada Tarantula. Jika hal tersebut terjadi mengakibatkan Tarantula bersembunyi di balik batu ataupun disarang yang telah dibuatnya

Related News