• 26 April 2024

Memahami Ciri dan Penanganan Tarantula Stres

uploads/news/2022/03/memahami-ciri-dan-penanganan-73055de043c522a.jpg

Tarantula adalah hewan menyeramkan yang digemari para penghobi hewan eksotis. Walaupun secara fisik menyeramkan, tetapi mempunyai keunikan berbeda dari 800 spesies. Karakter dan warna dari berbagai spesies membuat para penghobi ingin memilikinya. Tetapi ada yang harus dipahami dalam menghindari tarantula yang stres karena berbagai faktor.


Agar Sahabat Tani dapat memahami seputar tarantula yang stres? Simak penjelasan Njup penghobi dan penjual tarantula yang akan menjelaskan seputar sebab dan akibat tarantula dapat stres.


"Tarantula bisa stres, saat dia mengganti kulit molt atau pergantian kulit pada tubuhnya. Kemudian terlalu sering disentuh juga dapat membuat tarantula stres," tegas Pria usia 38 tahun.


Adapun ciri saat pergantian kulit molt pada tarantula, ia akan lebih sering diam, bersembunyi, dan saat diberikan makan ia akan memilih untuk tidak makan dan puasa selama waktu pergantian kulit molt. Selain itu, pada bagian tubuh tarantula akan menghitam terutama pada bagian abdomen.


Walaupun saat pergantian kulit molt tarantula hanya berdiam diri, pemiliki tidak perlu khawatir akan hal ini. Sesudah pergantian kulit molt tarantula akan aktif seperti pada karakter semula sesuai dengan habitatnya.


Memelihara tarantula tidak sulit, cukup hanya diperhatikan dari segi perawatan bagi hewan ini agar tidak stres. Sebab hewan ini adalah display pets yang hanya perlu diperhatikan, tidak seperti hewan yang membutuhkan kasih sayang. Perlu berinteraksi, namun tidak terlalu sering yang mengakibatkan tarantula akan stres.


Kemudian, berdasarkan habitat yang menempati dua wilayah New World dan Old World. Sebagai pemelihara, harus mengetahui habitat asli agar tarantula nyaman menempati kandang yang sudah disediakan. Dan tidak lupa untuk membersihkan, serta mengatur suhu kelembaban pada kandang.


"Kalau sedang ganti kulit jangan sekali-kali untuk menggangunya, seperti memberikan makan atau menyentuhnya. Itu sebab tarantula akan stres, dan ini sering terjadi karena pemilik ingin tahu. Sebaiknya diam kan saja dulu selama seminggu karena dia saat ganti kulit pun akan mengeluarkan jaringan pada tubuhnya," ujar Njup.


Pada saat tarantula mengganti kulit molt, ia akan mengganti posisi terbalik untuk melepaskan kulit secara sempurna. Setelah tarantula melepaskan kulit molt dan belum mengeras, berikan waktu terlebih dahulu agar kulit molt mengeras.


"Jangan diberikan makan dulu, kasih waktu sekitar seminggu. Agar tarantula tidak merasa terganggu saat proses pelepasan kulit molt," tutupnya
Bagaimana Sabahat Tani, sudah memahami ciri tarantula stres?

Related News