• 1 May 2024

Piala Rektor UBL Gelar 40 Kelas Burung Kicau

Piala Rektor 4 Universitas Budi Luhur sebagai ajang silaturahmi kicau mania se-nusantara yang berlangsung pada 13 Maret 2022 telah resmi digelar. Tercatat ada 40 kelas yang dilombakan dengan kelas Murai Batu (36 G) memperebutkan piala rektor UBL menjadi lomba kicau kasta tertinggi.


Namun sebenarnya dari 40 kelas dalam ajang yang diikuti oleh para penghobi burung kicau dari berbagai daerah, juga terdapat lomba burung kicau untuk burung tledekan, hwamei, cucak ijo, lovebird, kenari, kacer dan murai batu borneo.


Pembukaan Piala Rektor 4 Universitas Budi Luhur langsung Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM sebagai Rektor UBL dan didampingi Walikota Jakarta Selatan - Munjirin, S.Sos, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Rektor UBL menyampaikan "dalam penyelenggaraan piala rektor ke empat Universitas Budi Luhur, diharapkan seluruh elemen yang terlibat tetap menjaga protokol kesehatan. Semoga dari lomba burung kicau ini dapat diperoleh burung yang berkualitas dengan dukungan sistem penilain yang fair."


Menjunjung sportifitas dalam lomba burung kicau memang menjadi kunci utama dalam menentukan burung kicau yang layak menjadi juara. Hal ini juga diungkapkan Munjirin yang juga menurunkan burung Murai Batu - pastol andalannya di kelas Dosen. "Walaupun saya ikut menggantang, tapi saya meminta tim juri tetap adil dalam memberikan penilaian. Jadi burung yang memang memiliki kualitas yang berhal menjadi juara dalam lomba burung kicau Piala Rektor keeempat Universitas Budi Luhur."


Dalam menentukan burung kicau mania yang berhak menjadi juara, penilaian dari Radjawali Indonesia menetapkan tiga unsur. Pakem penilaian dari Radjawali Indonesia adalah irama lagu, durasi kerja dan volume. Ketiganya harus saling menunjang agar mendapatkan nilai sempurna dari para juri yang bertugas.


Sementara Panglima Radjawali Indonesia - Sofyan Juandi menyampaikan bahwa gelaran keempat dari Piala Rektor Universitas Budi Luhur memiliki perbedaan dari ajang sebelumnya. "Dengan kondisi pandemi seperti ini, kami hanya membuka satu lapangan saja, sementara ajang sebelumnya ada dua lapangan. Bahkan untuk penyebaran informasi sangat terbatas agar menghindari terjadinya penumpukan penghobi burung kicau."


Dalam ajang piala rektor keempat Universitas Budi Luhur 2022 sebagai ajang silaturahmi kicau mania se-nusantara yang dihadiri oleh berbagai komunitas burung kicau seperti tledekan maupun murai batu borneo. Keduanya mendapatkan jatah gantangan cukup banyak sebagai bentuk akomodir pada komunitas burung kicau.

Related News