• 4 May 2024

Thor, Murai Penguasa Piala Rektor Keempat


"Thor itu tidak susah merawatnya atau menyiapkan menjelang lomba. Murai ini juga hasil ternakan saya sendiri."


Thor, burung murai batu milik Prano dari Team Toba berhasil merebut kelas Rektor dalam ajang Piala Rektor keeempat Universitas Budi Luhur yang mempertandingkan sebanyak 40 kelas. Kelas rektor merupakan kelas paling bergengsi yang digelar dalam ajang lomba burung kicau pada 13 Maret 2022.


Selain menjadi jawara di kelas Rektor, Thor juga merebut juara ketiga pada tiket satu juta. Kelas dadakan yang diadakan pada Piala Rektor keeempat Universitas Budi Luhur ini. "Sebenarnya saya ingin meliburkan pada saat ini karena telah berturut-turut merebut juara di beberapa ajang sebelumnya. Justru malah ingin berlaga di lomba kicau Baduy, tapi karena tidak pake ring jadi gagal ikutan."


Thor memang harus dilepas ring atau gelang penandanya karena setelah mabung jadi sering gatal. Beberapa kali terlihat mematokin kaki sehingga konsentrasi murai dalam berkicau menjadi kurang baik. "Mungkin ada bakteri karena saat mabung saya jarang memandikannya, solusi termudah dengan melepas ring agar Thor nyaman sehingga bisa berkonsentrasi."


Untuk perawatan, Thor tergolong cukup mudah dengan pemberian jangkrik lima ekor pagi hari dan juga sore hari."Pengumbaran hanya dilakukan setiap hari selasa dan kamis, sementara kandi selalu dilakukan setiap sore hari. Burung ini selalu diablak atau tanpa kerodong, hanya dua hari menjelang lomba di kerodong. Tapi satu hari sebelum lomba, tetap dimandikan pada sore hari sehingga kerodong hanya pada malamnya aja."


Selain itu Thor selalu menjalani perawatan seperti pengembunan dan penjemuran."Untuk oenjemuran, menjelang tetap harus dijemur pada pagi harinya."
Layaknya burung murai yang harus dimasterin agar dapat mengadopsi suara kicau burung lainnya. Begitu pula dengan Thor, tercatat ada sepuluh burung masteran yang terdiri dari C. cungko, Konin, Cililin, Kenari, Platuk bawang dan lainnya. Hasilnya suara burung gereja tarung menjadi kicauan hariannya mauoun 'tembakannya'.

Sementara saat digantang, Thor dapat menerikan suara burung kenari, lovebird hingga burung lainnya
Thor merupakan burung murai dari hasil ternakan sendiri yang berada di Cirebon. Namun walau hasil ternakan sendiri, Thor hasil tetasan pertama memiliki indukan Murai Hutan. Ternakan tersebut hanya memiliki dua pasang indukan, hal ini untuk menjaga trah prestasi dari murai milik Toba Team.


Nama Toba Team sendiri diambil Prano dari asal daerah sang istri tercinta. "Kalau saya asli orang Jawa jadi nama Toba Team menyesuaikan asal dari istri."
Untuk target selanjutnya, Thor yang menetas sejak tahun 2017 akan bermain di ajang Masterpieces di BSD dan lainnya."Sesuai karakternya dari Thor yang suka main dengan lawan - lawan bagus atau tiket di harga tertentu. Sedangkan kalau main di kelas biasa jadi nakal atau nampar sehingga memilih bermain pada tiket biasa.

Related News