• 8 May 2024

Veiled Chameleon Si Reptil Berkerudung

“Veiled Chameleon sama kaya Reptil lainnya, harus dijemur di bawah sinar Matahari dan dilakukan setiap pagi,”


Sahabat Tani, banyak orang menyukai hewan Reptil, bahkan sampai memeliharanya di rumah. Salah satu Repti yang digemari oleh banyak orang dan dijadikan peliharaan adalah Chameleon atau yang biasa dikenal dengan Bunglon.

Walau sebenarnya, Chameleo dan Bunglon berbeda. Chameleon dalam Bahasa Belanda disebut kameleons atau chameleonidae. Sementara Bunglon memiliki nama ilmiah Bronchocela Jubata. Chameleon memiliki banyak jenisnya seperti Panther Chameleon, Carpet Chameleon, Chameleon Veiled, Fischer’ Chameleon, Graceful Chameleon, dan masih banyak lagi. Kali ini, Team Jagadtani akan membahas mengenai Chameleon Veiled.


Chameleon Veiled memiliki kombinasi warna cantik dan menarik yang mewarnai tubuhnya. Seperti warna hijau muda, kuning, dan juga biru. Lalu pada bagian coraknya, terdapat warna merah dan juga coklat tua. Veiled Chameleon ini sering juga dijuluki sebagai bunglon berkerudung karena terdapat jambul di atas kepalanya berukuran cukup besar. Veiled Chameleon ini, penyebaran wilayahnya berada di Yaman dan Arab Saudi. Sehingga tak jarang sering disebut sebagai Bunglon Yaman.


Veiled Chameleon habitat asalnya yaitu, berada di Rainforest. Untuk membuatnya merasa nyaman dan tenang, maka yang harus kita lakukan adalah merawatnya seperti di habitat aslinya. Karenina pemilik Veiled Chameleon mengatakan bahwa ketika malam hari, Veiled Chameleon harus di spray dengan air.
“Kalau malam hari dia harus dispray karena dia butuh huma tinggi. Chameleon ini biasanya mereka tuh hidup di Rainforest,” katanya.


Karena termasuk sebagai hewan Reptil, selain memberi makan yang bernutrisi setiap harinya, Veiled Chameleon ini harus sering dijemur di bawah sinar Matahari. Hal itu tentunya dilakukan untuk menjaga kesehetan Veiled Chameleon itu sendiri.
“Veiled Chameleon sama kaya Reptil lainnya, harus dijemur di bawah sinar Matahari dan dilakukan setiap pagi,” ujarnya.


Sahabat Tani tak perlu khawatir, mengenai penyesuaian tubuh pada Veiled Chameleon, karena yang terpenting harus mendapatkan sinar UVA dan UVB. Jika tidak bisa mendapatkan UVA dan UVB dari Matahari ketika Veiled Chameleon berjemur. Sahabat Tani dapat menggunakan lampu UVA dan UVB untuk memenuhi kebutuhan Veiled Chameleon itu sediri berupa Kalsium.


“Veiled Chameleon ini penyeseuaiannya baik-baik aja kok, kan habitatnya di Rainforest, tapi ya harus ada lampu UVA dan UVBnya itu tadi gitu,” jelasnya.


Bagaimana Sahabat Tani, untuk merawat Reptil seperti Veiled Chameleon sangat mudah bukan? Yang paling terpenting adalah harus melakukan aktivitas berjemur di bawah sinar Matahari setiap paginya. Jika tidak mendapatkan sinar Matahari, bisa dengan menggunakan Lampu UVA dan UVB untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, dan agar Veiled Chameleon dapat bertahan hidup lama menemani kita di rumah.

 

Related News