• 4 May 2024

Mengenal Leopard Gecko Rainwater Albino

Sahabat Tani, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan hewan reptil satu ini. Leopard Gecko atau biasa disebut dengan tokek rumahan ini, memiliki nama ilmiah Eublepharis Macularius sejenis tokek yang aktif di malam hari dan hidup di atas permukaan tanah.


Di Indonesia terdapat tiga jenis Line Albino Leopard Gecko yaitu Leopard Gecko Tremper Albino, Leopard Gecko Rainwater Albino, dan Leopard Gecko Bell Albino. Albino pada Leoprad Gecko berbeda dengan kebanyakan hewan lainnya. Sifat albinisme pada hewan ini, membuat kekurangan pigmen yang menyebabkan perubahan corak hitam menjadi ungu dan cokelat.


Menurut Unjup, penjual Gecko mengatakan bahwa ia memelihara salah satu jenis Albino pada Leopard Gecko yaitu jenis Rainwater. Jenis Rainwater Albino ini biasa disebut juga dengan nama Las Vegas Albino, ditemukan pertama kali pada tahun 1998 oleh tim Rainwater. Matanya berwarna dasar abu-abu, dengan semburat merah gelap menyebar diseluruh mata menjadi salah satu ciri khas pada reptil jenis ini.


“Awal mulanya dari kecil, saya sudah hobi mempelihara Gecko. Tetapi kalau untuk jualan itu hanya sampingan saja. Saya dirumahan tidak buka toko, kalau untuk Gecko yang saya pelihara itu ada jenis Albino Rainwater,” jelas Pria 35 tahun itu.


Reptil itu biasanya identik dengan dijemur tetapi tidak dengan Leopard Gecko Rainwater Albino ini, mereka tidak bisa dijemur. Karena Gecko merupakan hewan noktural, jadi hanya aktif pada malam hari. Tidak bisa terkena panas tetapi butuh kehangatan dan tidak bisa juga kalau sampai kedinginan.


Tetapi jenis Albino ini juga masih jarang sekali ditemukan di Indonesia. Unjup mengaku sering mengikuti acara seperti event atau pameran hewan, untuk memperkenalkan hewan-hewan baru kepada masyarakat khususnya anak remaja.


"Saya suka mengikuti acara seperti event-event untuk sekedar memperkenalkan hewan baru, kalau ada yang mau beli juga bisa," tambah Unjup.


Albino Rainwater ini berasal dari negara Pakistan dengan harga yang terbilang cukup mahal. Belum banyak orang yang mengetahui dan mempelihara Gecko jenis ini, karena harganya juga terbilang cukup tinggi. Harga jual akan semakin tinggi juga jika perubahan warna dan corak Gecko semakin bagus.


“Dulu saat saya memulai mempelihara Gecko ini, saya tertarik dengan Leopard Gecko Rainwater Albino. Maka dari itu saya pre order langsung dari Pakistan, karena jenis ini jarang ada di Indonesia. Kalau untuk saat ini saya sudah menjual Rainwater Albino dengan kisaran harga Rp500 ribu sampai Rp600 ribu untuk satu ekor,” tutupnya.

Meskipun harganya sedikit mahal tetapi bagi kalian para pecinta reptil, hewan satu ini cocok loh untuk menjadi salah satu hewan peliharaan baru dan bisa dieksplor lagi untuk menciptakan morph karena masih jarang di Indonesia. Jadi, apakah Sahabat Tani berminat untuk mempelihara Gecko jenis Albino Rainwater ini?

Related News