• 30 May 2024

Iguana Warna-warni yang Layak Bagi Pemula

Iguana adalah hewan reptil dengan habitat beriklim tropis. Selain di benua Amerika, beberapa jenis Iguana dapat hidup di negara Indonesia. Spesies Iguana saat ini sudah mencapai 45 spesies di dunia. Selain itu, Iguana jarang sekali menyerang. Jika merasa terancam ia akan memilih untuk berlari.

Hewan pemakan sayur dan buah ini mempunyai jenis yang unik di mata penghobi. Tentunya penghobi sudah tidak heran, dengan jenis-jenis Iguana yang memiliki corak dan warna beragam. Seperti warna hijau, warna biru, warna merah, dan warna kuning kehijauan. Warna tersebut dihiasi corak gelap yang bergaris dari kepala hingga ekor.


Lalu, jenis Iguana apa yang cocok untuk pemula? Simak penjelasan Andhika, penghobi dan penjual Iguana.
"Untuk jenis buat pemula di Indonesia banyak sebenarnya, seperti Iguana albino, Iguana biru, Iguana axanthic, lebih banyak Columbia. Tapi ada juga hasil perkawinan silang, seperti Elsavador dengan Columbia. Kalau diliat dari warna memang sama aja. Tetapi dari sudut pandang secara fisik dan karakter pasti ada perbedaan," tegas Andhika.


Selain warna, Iguana mempunyai karakteristik yang membuat para penghobi ingin mengoleksi beberapa spesies yang ada di Indonesia.


"Karakteristik dari Iguana beda-beda, tergantung dari habitatnya masing-masing. Untuk Columbia dari fisik warna ditubuhnya lebih gelap, matanya lebih hitam kaya ada line di matanya, dan gapunya cula di bagian hidung, dengan karakter yang lebih tenang. Berbanding terbalik dengan Elsavador, secara fisik warnanya terang, matanya juga lebih terang, dan mempunyai cula," tegasnya.


Kedua jenis Iguana ini sering dipelihara oleh kalangan penghobi. Dengan karakter dan ciri fisik berbeda, keunikan pada Iguana adalah salah satu incaran penghobi untuk mengoleksi berbagai macam jenis yang lainnya.


"Untuk pemula kalo dari karakter jenis Columbia dulu aja. Harga semua jenis dari umur baby biasa dibandrol 200 hingga 350 ribuan, kalau untuk juve dan dewasa sekitar 500 ribu hingga satu juta. Semua tergantung kualitas dari Iguana, buat pemula coba umur baby dulu aja sebelum memulai hobi dengan Iguana. Walaupun rawan mati, tapi balik lagi gimana merawatnya," tutup Andhika.


Tentunya sebelum memulai hobi dengan hewan ini, perlu mengetahui jenis yang ingin dipelihara. Walaupun Iguana adalah hewan yang tidak membahayakan, kita sebagai pemelihara harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis dari Iguana.


Tidak semua jenis Iguana mempunyai karakter yang kalem dan tenang. Sebab habitat asli dapat mempengaruhi karakter pada Iguana. Jadi, bagaimana Sahabat Tani? Sudah mengetahui jenis apa yang ingin dipelihara?

Related News