• 16 May 2024

Makin Diperhatikan Chameleon Semakin Unik

Chameleon itu sebenernya merubah warna kulitnya sesuai dengan suasana hatinya,”


Sahabat Tani, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar kita mempelajari bahwa Bunglon identik dengan perubahan warna pada lingkungannya, yang disebut dengan Mimikri. Tapi tahu tidak Sahabat Tani, bahwa Chameleon dan Bunglon itu ternyata berbeda?

Antara keduanya tidaklah sama, Chameleon merupakan family chamaeleonidae, sedangkan Bunglon merupakan family agamidae. Keduanya kerap dianggap sama karena memiliki kesamaan, yaitu dapat merubah warna kulitnya.


Chameleon ternyata merubah warna kulitnya bukan hanya ketika mereka sedang menghindari musuh saja. Lalu, kapan dan pada saat apa saja ya Chameleon ini merubah warna kulitmya?

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan dari Karenina pemilik Chameleon jenis Veiled saat ditemui Team Jagadtani di Mall Alam Sutera, Tangeran, Banten.


Karenina mengatakan bahwa pada dasarnya warna pada Chameleon sangat banyak. Sehingga Chameleon dapat mengganti warna kulitnya dengan beraneka ragam warna.


“Mereka tuh sebenernya banyak banget warnanya, Warna-warna natural, Cuma perubahan warnanya ga sampai yang menyerupai banget gitu,” katanya.


Seperti yang kita ketahui bahwa Chameleon berkamuflase atau merubah warna kulitnya, ketika ia sedang merasa terancam. Hal itu dilakukannya untuk melindungi dirinya dari predator berupa hewan-hewan yang memiliki tubuh lebih besar dari dirinya.

Chameleon juga dapat merubah warna kulitnya sesuai dengan suasana hati. “Chameleon itu sebenernya merubah warna kulitnya sesuai dengan suasana hatinya,” katanya.


Kulit Chameleon akan berubah mengikuti suasana hatinya. Lucu sekali, ya Sahabat Tani. Sebagai pemilik maka kita dapat mencari tahu bagaimana suasana hati yang sedang dirasakan oleh Chameleon. Tentunya dengan melihat perubahan warna pada kulit Chameleon itu sendiri.


“Kaya kalau dia merasa harus menghindar, lagi ga mau diganggu aja, atau engga kalau lagi merasa terancam baru dia berubah warna,” ujarnya.


Selain itu Sahabat Tani, hal unik lainnya adalah ketika Chameleon jantan dihadapkan dengan Chameleon jantan lainnya. Dengan seketika warna dan bentuk tubuh keduanya akan berubah.


“Sama kalau dia itu berhadapan sesama jantan warnanya baru keluar gitu, main terang-terangan warna, dan tubuhnya akan berubah menjadi pipih kaya Ikan Asin” jelasnya sambil tertawa selagi mencotohkan dengan menghadapkan kedua Jantan Chameleon.
Hal itu dilakukan karena kedua jantan Chameleon merasa waspada. Selain itu mereka juga akan merasa bahwa dirinya yang paling keren dengan memiliki warna yang paling terang. Lucu yaa Sahabat Tani ?


“Iya dia kaya gitu karena waspada, dan merasa bahwa saya yang paling keren, dengan nerangin warna tubuhnya,” katanya sambil tertawa dan memperagakan.
Perubahan warna pada Chameleon dapat menandakan bahwa, ia sedang marah ataukah senang.


“ini warna aslinya, kalau lagi kesel yang agak stress gitu warnanya agak gelap dikit, kalau lagi marah berubah kecoklatan, kalau seneng warnanya biasa aja ga berubah” tutupnya.

Related News