• 30 May 2024

Penyebab Chameleon Sakit Parah

uploads/news/2022/03/penyakit-fatal-chameleon-berasal-5594978fa707449.jpg

“Kalau dia sakitnya bisa lebih parah dari Iguana, dan biasanya karena Jangkrik yang kita kasih ke Chameleonnya kotor Chameleon sehingga terkena penyakit fatal.”


Reptil satu ini dapat menjadi pilihan Sahabat Tani untuk dijadikan peliharaan di rumah, apalagi kalau bukan Chameleon atau sering kita kenal sebagai Bunglon, walau sebenarnya Chameleon dan Bunglon berbeda.

Salah satu alasan Reptil berkaki empat ini banyak diminati karena memiliki perpaduan warna yang cantik di tubuhnya. Walaupun sesama Reptil berkaki empat, Chameleon berbeda dengan Iguana. Makanan untuk Chameleon dan penyakit yang dialami oleh Chameleon berbeda dengan Iguana.


Sebelum memelihara, Sahabat Tani harus mengetahui karakteristik dari Chameleon yang akan dipelihara. Apakah ia aktif, jinak, atau memiliki pergerakan yang lambat seperti contohnya Chameleon jenis Veiled. Untuk perawatan Chameleon terbilang cukup mudah, seperti rajin memberi makan setiap hari, membersihkan kandang, dan berjemur.

Sahabat Tani jika Chameleon diberi makanan berlebih, maka makanan tersebut akan menyakiti Chameleon itu sendiri dan berakibat fatal loh.
Chameleon harus diberi makan setiap hari ya Sahabat Tani, untuk memenuhi nutrisi dan vitaminnya. Makanan Chameleon berupa Jangkrik.


“Sama kaya Iguana, Chameleon ini jemurnya setiap hari, makan setiap hari, tapi Chameleon ini, dia makannya jangkrik atau ulat sutra,” kata Karenina.


Sebelum memelihara Chameleon, Sahabat Tani harus tahu bahwa pemberian makan pada Chameleon tidak boleh terlalu banyak dan makanan yang kita beri untuk Chameleon harus diperhatikan. Terutama kebersihan Jangkrik yang akan dimakan oleh Chameleon. Karena penyakit fatal pada Chameleon justru disebabkan oleh makanan.


“Kalau dia sakitnya bisa lebih parah dari Iguana, kalau Jangkrik yang kita kasih ke Chameleonnya kotor Chameleonnya bisa kena penyakit fatal” ujarnya.
Memberi makan pada Chameleon harus secukupnya saja Sahabat Tani, jangan sampai berlebihan. Niat hati ingin Chameleon kesayangan makan dengan puas tapi justru, berakibat buruk pada Chameleon itu sendiri. Dalam pemberian makanan kepada Chameleon juga harus diperhatikan. Tidak boleh sembarang memberikan Jangkrik kepada Chameleon.


“Atau jangkriknya gigit balik dan infeksi di rahang, itu bisa bikin mata gede gitu, dan itu jadi penyakit terparahnya Chameleon yang suka kejadian” jelasnya.
Jika Chameleon sudah mengalami penyakit seperti di atas, Sahabat Tani harus langsung membanya ke Dokter Hewan untuk segera ditangani, jika tidak hal buruk pun akan terjadi. Karena penyakit seperti itu tidak dapat kita tangani sendiri.


“Kalau udah begitu harus di bawa ke Doter Hewan untuk segera ditangani, dikasih antibiotik dan segalamacemnya,” katanya.


Selain itu, pilek juga dapat menjadi penyakit yanag paling fatal bagi Chameleo loh Sahabat Tani. Karenina menenangkan bahwa penyakit di atas jarang terjadi pada jenis-jenis Chameleon tertentu seperti Chameleon jenis Veiled.


“Tapi chameleon jenis ini tuh jarang kejadian di dia penyakit kaya gitu, karena dia lebih kuat. Biasanya terjadinya tuh di Jackson Chameleon.” tutupnya.

 

Related News