• 29 April 2024

Kunci Perawatan Gecko Rainwater Makin Sehat

Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, karena dapat menghilangkan kebosanan ketika berada dirumah. Sahabat Tani, pasti tidak ingin hewan peliharaan yang disayangi seperti Gecko Rainwater terkena penyakit.

Untuk mengantisipasinya, kita harus selalu memperhatikan kesehatan gecko agar tidak terserang penyakit. Tentu saja dalam merawat hewan peliharaan memang tidak mudah, butuh tenaga dan waktu untuk menjaga agar hewan peliharaan tetap sehat.

Hal yang perlu diperhatikan saat menjadikan Gecko Rainwater Albino sebagai hewan peliharaan adalah kebersihan kandang dan menjaga pola makan. Menurut Unjup, pecinta Gecko jenis Rainwater ini, perawatannya tidak sulit dan tidak memerlukan kandang yang besar cukup beri wadah kotak yang terbuat dari plastik atau tupperware. Lalu lapisi dengan kertas, koran, dan handuk.

Untuk saat ini, Unjup juga mencoba menggunakan tisu agar lebih praktis. Menggunakan pasir khusus atau karpet khusus reptil juga lebih baik untuk kandang hewan satu ini. Membersihkan kandang cukup satu sampai dua kali seminggu.

“Kebersihan kandang itu sangat penting untuk Gecko. Perawatannya juga butuh kesabaran dan waktu. Kalau kandangnya kotor langsung ganti alasnya, kalau misalkan menggunakan kertas lalu sudah kotor langsung diganti. Jadi jangan sampai Gecko menjilat kotorannya sendiri,” jelas Pria dengan nama lengkap Unjup Kurniadi itu.

Agar Leopard Gecko cepat tumbuh besar, komposisi untuk makanannya juga harus diperhatikan, seperti lemak dan protein harus seimbang. Hal ini sangat penting, karena jika memberikan protein dan lemak secara berlebihan akan berakibat pada masalah pencernaan. untuk makanan Gecko Rainwater tidak berbeda dengan jenis lainnya, yaitu serangga, jangkrik, kecoa dubia, dan ulat.

“Pola makan juga harus dijaga karena biasanya penyakit Gecko itu karena masalah pencernaan, hewan ini bisa menjadi kurus. Pasti tidak mau makan tapi buang air besar terus dan kotoran yang keluar berbentuk cair,” tambah Pria asal Kota Tangerang itu.

Leopard Gecko Rainwater Albino jarang terserang penyakit, jika memilki Gecko yang baru dibeli, pisahkan terlebih dahulu selama satu bulan jangan dimasukan kandang untuk menghindari penyebaran penyakit. Menurut pengalaman Unjup sendiri, Gecko juga tidak perlu dimandikan karena hewan ini akan mengalami pergantian kulit setiap satu bulan.

“Kalau untuk mencegah agar Gecko tidak mudah terserang penyakit, bisa diberi kalsium agar pertumbuhan tulangnya baik dan tidak terjadi MBD (Metabolic Bone Disesase). Lalu berikan probiotik untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan,” tutupnya.

Dengan mengetahui cara merawat Rainwater Albino agar tetap sehat. Semoga Sahabat Tani dapat menjaga kebersihan kandang agar hewan kesayangan kita tetap nyaman dan sehat!

Related News