• 27 April 2024

Si Wajit, Durian Manis Bikin Ketagihan

BOGOR - Durian si Wajit merupakan salah satu durian asli Rancamaya, wilayah pelosok bagian selatan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Durian lokal ini memiliki rasa yang manis dan daging buah pulen dengan aroma khas. Tak heran jika si Wajit menjadi buah favorit bagi penggemar durian.

Salah satu pemilik pohon durian si Wajit, H Usup mengatakan, ia menanam tumbuhan marga Durio atau dikenal dengan sebutan duren di wilayahnya sejak tahun 1994. Durian yang ditanam merupakan durian lokal asli Rancamaya, di antaranya durian si Wajit, si Kempis dan Matahari.

"Rancamaya ini dari dulu memang terkenal dengan (penghasil) durian. Mayoritas warga di sini secara turun temurun memang pada menanam durian. Tapi sekarang tidak seperti dulu, tapi masih ada beberapa yang tetap menjaganya," terangnya.

Seperti dirinya masih menekuni budidaya durian, termasuk juga melestarikan keberadaan satu pohon durian si Wajit yang merupakan warisan dari orang tuanya. Pohon yang berdiri kokoh menjulang tinggi tersebut kini menginjak usia 80 tahun.

"Kalau yang itu (pohon durian si Wajit) sebelum saya lahir sudah ada. Punya saya, punya keluarga. Itu ditanam oleh orang tua saya. Itu umurnya sekarang sudah 80 tahun," kata laki-laki kelahiran 1965 itu.

Meski tak seperti pada masanya, pohon si Wajit yang usianya sudah puluhan tahun itu masih tetap produktif menghasilkan buah bercita rasa manis tersebut. Kata Usup, jika musim panen sedang bagus, hasilnya pun cukup memuaskan.

"Iya, kalau lagi bagus bisa 500 sampai 700 buah. Tapi kalau kemarin-kemarin sejak dua tahun sudah sedikit, paling 200 buah. Karena itu cabang satunya sudah roboh kena angin kencang," ungkap Usup.

Umumnya, dipaparkan Usup, masa panen durian si Wajit sendiri tergantung kepada kondisi cuaca. Namun demikian, ia mengatakan, rata-rata pohon itu dapat berbuah dua kali dalam setahun.

"Kalau durian panennya gimana cuaca saja, setahun itu bisa dua kali. Kalau untuk perawatan seperti biasa diberikan pupuk saja. Begitu saja," ujar Usup.

Menurutnya, keunggulan dari durian si Wajit punya rasa yang manis dengan warna daging buah tidak terlalu kuning. Berbeda dengan durian si Kempis, sambung dia, selain rasanya manis juga terkadang tanpa biji. Itulah sebabnya disebut si Kempis.

Ia mengatakan, keunggulan lain dari durian lokal yang ditanam di lahan wilayah Rancamaya adalah keistimewaan rasa manisnya. Hal iniah yang membuat konsumennya ingin kembali menikmati kelezatan durian asli Rancamaya.

"Yang membedakan durian asli Rancamaya, manis tetap manis. Hanya saja dari lidah ke tenggorokan itu terasanya lama dan tidak asam. Makan di sini, terasanya bisa sampai ke Bogor (jauh). Jadi banyak yang ketagihan dengan durian ini," tandasnya.

Selain menjual buah durian hasil dari budidayanya sendiri, Usup juga menyediakan berbagai jenis bibit durian dengan pemasaran sudah menjangkau ke beberapa wilayah yang ada di Jawa Barat

Related News