• 25 April 2024

Chabo, Ayam Imut dari Jepang

Bagi sebagian orang memelihara ayam hias adalah hobi yang menghasilkan, apalagi ditengah pandemi yang tak kunjung usai ini. Banyak orang yang mulai memiliki hobi-hobi baru yang bisa dilakukan di rumah sendiri.

Jenis ayam hias pun beragam, mulai dari ayam serama, kate, brahma, dan yang sedang tren saat ini adalah ayam chabo. Ayam chabo merupakan ayam hias yang berasal dari negeri sakura Jepang. Keunikan ayam ini tak jauh beda dengan ayam serama yaitu bertumbuh mungil.

Syaifulloh, Peternak ayam ketawa yang bertempat tinggal di Joglo, Jakarta Barat ini memelihara ayam chabo yang ia beli dengan harga yang fantastis. “Keunikan ayam ini adalah buntutnya yang warna hitam pekat dan menjulang ke atas yang disebut blacktail, harga ayam ini yang masih anakan sepasang Rp. 700 ribu,” pungkasnya.

Pemeliharaan ayam chabo blacktail sama seperti ayam kate pada umumnya. Kesehatan dan kebersihan kandang harus selalu di jaga. Ayam dan kandang harus selalu dibersihkan supaya tidak ada bakteri-bakteri menempel yang dapat menimbulkan sarang penyakit. Ayam yang sehat akan dapat tumbuh kembang dan berproduksi secara maksimal.

“Ayam ini keunikannya lagi dia harus kawin sama yang sejenis agar buntutnya tidak berubah, karena ciri khas ayam chabo ada di buntut hutamnya itu, kalau kawin silang dengan ayam lain pasti buntutnya akan beda,” ujar Syaifulloh.

Di Indonesia ayam ini sering di sebut dengan ayam blacktail karena warna ekornya yang berwarna hitam. Ayam kate chabo blacktail sama seperti kate pada umumnya, namun yang menjadi keistimewaannya yaitu memiliki body putih dan ekor yang berwarna hitam. Cukup jarang kate berwarna seperti itu. Pernah ada cerita, peternak yang mencoba menyilangkan pejantan blacktail dengan kate putih, namun hasilnya bukan menjadi kate blacktail. Kate chabo blacktail yang orisinal tidak bisa dicampur atau dioplos.

Selain pada buntutnya, keunikan lain yang ada pada ayam chabo adalah di kaki nya yang ceper seperti bebek. Uniknya lagi, semakin ceper kakinya semakin mahal pula harga yang dibanderol.

Related News