• 27 May 2022

Berawal Hobi, Sukses di Tanaman Hias

uploads/news/2022/03/berawal-hobi-sukses-di-838577500a53c10.jpg
SHARE SOSMED

KLATEN - Menjadi petani sukses tentu tidak mudah, harus dengan perjuangan. Guna menggapai impian sukses di bidang pertanian maka salah satu kuncinya adalah dengan berinovasi.

Seperti yang dilakoni Afip Amrizal Basri warga Dusun Tlogowono, Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pemuda 25 tahun ini sukses menjadi pembudidaya tanaman hias.

Afip mengaku mengenal dunia pertanian sejak kecil karena dibesarkan di lingkungan yang mayoritas petani. “Sejak kecil sering diajak ke sawah orangtua. Sampai sekarang suka dunia pertanian,” ujarnya, Rabu (16/3/2022).

Menjadi petani tanaman hias dijalani Afip sejak masih kuliah. Awalnya, budidaya tanaman hias dilakukan di rumahnya dengan modal Rp400.000.

Usahanya terus berkembang sehingga ia memutuskan untuk membuat semacam green house di samping rumahnya. Ada beragam koleksi tanaman hias, antara lain, kaktus, philodendron, syngonium, monstera, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan bervariasi antara Rp5000 hingga jutaan tergantung jenis dan usia tanaman. Pemasarannya dilakukan secara online. Pelanggan tak hanya dari Klaten, namun juga dari berbagai daerah di Soloraya.

Dari awalnya yang hobi merawat tanaman hias dan modal terbatas, kini omset yang diterima Afip mencapai Rp40 juta per bulan. Ia pun bertekad akan terus membesarkan usahanya.

Selain sibuk budidaya tanaman hias, Afip juga menekuni usaha produksi pupuk organik yang dikembangkan bersama pemuda di desanya.

Kesuksesan Afip dalam dunia pertanian menjadikan inspirasi pemuda lainnya. Sehingga ia ditunjuk menjadi ketua Komunitas Petani Muda Klaten. Komunitas ini fokus mengembangkan sektor pertanian.

Related News