• 18 July 2024

Tips Jitu Merawat Kelinci Impor

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan mamalia, ia berkembang biak dengan cara beranak yang disebut dengan vivipar. Hewan yang satu ini juga bisa dimaanfatkan mulai dari dagingnya yang bisa dijadikan sumber pangan karena mengandung protein dan rendah kolestrol, bulunya yang bisa digunakan sebagai kerajinan tanga, hingga kotorannya yang bisa dijadikan sebagai pupuk tanaman.

Akan tetapi banyak orang yang berpendapat bahwa hewan yang satu ini sulit untuk dijadikan peliharaan, karna perawatannya yang sulit dan mudah sakit sehingga menyebabkan kematian. Namun, Hal itu ditentang keras oleh peternak muda bernama Rizky Halim yang sukses dalam usaha breeding kelinci impornya.

Menurut Rizky, cara merawat kelinci ini sendiri dengan cara diberi minum, vitamin, dan pastinya makanan pokok kelinci yaitu rumput hay yang memiliki berbagai jenis yaitu timothy dan alfafa. Untuk sayuran bayam, wortel dan jenis lainnya justru bukanlah makanan pokok kelinci. Selain itu kita juga sebagai pemiliknya harus meluangkan waktu untuk mengajak kelinci tersebut bermain.

“Jenis rumput hay timothy sendiri memiliki kandungan serat, dan alfafa kandungan nya protein untuk jenis kelinci junior atau yang menyusui, dan untuk mempunyai imbang protein biasanya pakai pellet,” Ujar Rizky Halim

Untuk kandang kelinc nya sendiri harus berlubang, dibawahnya ia menaruh loyang yang berisikan serbuk kayu dan dibersihkan selama satu minggu sekali. Manfaatnya adalah agar kotoran kelinci ini turun dan tidak menimbulkan penyakit untuk kelinci itu sendiri, karena jika kelinci terkena kotorannya sendiri itu menyebabkan bulunya kotor, atau muncul penyakit scabies, dan lainnya.

Rizky mengatakan, biasanya penyakit yang paling sering dialami oleh kelinci adalah diare, kembung, dan scabies. Penyakit tersebut bisa menular ke sesama kelinci lainnya, dan cara membedakan kelinci yang sehat dan yang tidak sehat yaitu dari kotoran kelinci tersebut, dan kelinci tidak sehat mempunyai bau tidak sedap, dan mata kelinci tidak sehat terlihat redup dan sayu.

Kendala yang sulit untuk perawatan kelinci biasanya di suhu ruangannya. Kelinci sangat minim membutuhkan cahaya matahari, dan sebaliknya kelinci membutuhkan suhu ruangan yang dingin. Di ruangan ia menjaga kelinci nya pun terpasang dua AC yang dinyalakan selama 24 jam agar terjaga kelembapan kandangnya.

Related News