• 21 July 2024

Cara Mudah Merawat Lobster Air Tawar

uploads/news/2022/03/cara-mudah-merawat-lobster-767958589a65354.jpg

Lobster adalah hewan yang hidup didasar laut yaitu dimana kita merawat atau budidayanya yang sangat berbeda pada ikan pada umumnya. salah satu jenis lobster yang akan dibahas kali ini adalah lobster air tawar yang akan dijelaskan oleh salah satu peternak atau pengusaha di bidang usaha lobster air tawar, Mauda Irvan.

Lobster merupakan hewan nokturnal, dimana mereka hewan yang aktif dimalam hari biasanya untuk menyari makanan, menjaga wilayah mereka. dimulai dari pakannya, Lobster cenderung memakan lebih sedikit dari ikan. Lobster cukup makan disaat siang dan malam saja tetapi mereka juga butuh jadwal makanan yang cukup teratur. 

Pakannya adalah pelet-pelet tenggelam udang, lalu diselingi oleh kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau. dikarenakan lobster seperti manusia, dimana mereka cepat gampang bosan, mereka pun harus rajin melakukan penggantian pakan.

Untuk perawatan air, lobster membutuhkan perawatan air yang lebih minim daripada ikan. Menurut Irvan sendiri, ini adalah sebuah peluang yang sangat bagus dikarenakan membutuhkan sedikit air sehingga bisa hemat air dan hemat listrik. 

“Kalau lobster itu sebetulnya hewan yang hidup di dasar, maka dia pun makan nya sedikit beda dengan ikan.  dengan perawatan air yang jauh lebih minim, air tidak perlu sebanyak air ikan. maka menurut saya ini adalah peluang untuk yang sangat bagus itu karena hanya membutuhkan sedikit air, hemat air hemat listrik,“ ujarnya.

Dijelaskan bahwa ditempatnya, hanya perlu 10 bulan sekali karena mereka menggunakan sistem filterasi dimana kotoran akan disedot oleh sebuah pompa lalu masuk filter dan disaring supaya air pun keluar jernih dan aman untuk lobster nya

Habitat asli lobster adalah sungai atau rawa, maka dari itu mereka membutuhkan sebuah tempat yang luas dan lebar. Ia pun juga bercerita bahwa disaat awal budidaya lobster, sekitar 90 ekor mati dikarenakan adanya salah treatment dan pemberian pakan yang kurang tepat. tetapi menurutnya itu adalah hal yang wajar, sebab dulu Irvan memulai usaha dengan budidaya ikan dan beralih ke lobster jadi ia membutuhkan penyusuaian dari pemberian pakan dan treatment air. 

Cara menanggulanginya adalah kita harus mencari treatment yang tepat dan harus sesuai dengan karateristik si lobster itu sendiri, dari pemberian pakan dan jadwal pakannya, merawat dan penggantian treatment air supaya air selalu jernih.

Related News