• 30 April 2024

Proses Shedding Pada Iguana

uploads/news/2022/03/proses-shedding-pada-iguana-315450cbfbd97a1.jpg

Saat ini masyarakat banyak yang mulai menggemari memelihara hewan reptil unik seperti Iguana. Selain unik, hewan yang sering disamakan dengan kadal tetapi memiliki perbedaan. Ciri yang paling terlihat pada ukuran tubuh yang berbeda dan beberapa bagian lainnya. Termasuk kulit iguana yang kerap shedding.

Iguana adalah hewan yang mempunyai kuku yang panjang dan tajam, serta memiliki tubuh yang bersisik keras. Sama seperti hewan reptil lainnya, Iguana akan mengganti kulit atau biasa disebut shedding.
Untuk lebih jelas mengetahui proses ganti kulit atau shedding pada iguana, berikut penjelasan Andhika sebagai penghobi dan penjual hewan reptil.

"Iguana ganti kulit itu bertahap, beda dengan ular langsung sekaligus seluruh tubuhnya. Biasanya Iguana yang sehat dia sering buat ganti kulit. Karena dari dia ganti kulit akan menghilangkan jamur yang berada di tubuhnya," jelas Pria 21 tahun.

Proses shedding pada Iguana juga perlu perawatan yang baik dari pemelihara. Seperti penyemprotan air dan penjemuran setiap harinya.

"Cirinya kalau dia mau ganti kulit biasanya warna tubuhnya rada pucet, terus diawalin dari bagian tertentu dulu dan itu tidak menentu. Misal bagian kaki terlebih dulu, kemudian beberapa hari kemudian setelah selesai semua di kaki ke badan. Untuk karakter saat shedding Iguana tidak galak netral saja. Kemudian, untuk makan juga masih makan berbeda dengan ular selama ganti kulit tidak boleh dikasih makan," tegas Andhika.

Pastikan ketika Iguana ingin mengganti kulit sediakan ranting pohon, ukurannya tidak terlalu besar di kandang Iguana. Ranting tersebut membantu proses saat Iguana mengganti kulit.

"Waktu saat pergantian kulit Iguana tidak ada patokan, tergantung perawatan. Biasanya kalau dia nambah gede pasti ganti kulit, seperti ukuran dewasa bisa 2 sampai 3 ganti kulit dalam setahun," ujarnya.


Selain ranting pohon, sebagai pemelihara dapat membantu proses saat Iguana mengganti kulit. Namun, tidak dengan paksaan sebab Iguana akan merasa terancam. Proses pergantian kulit ini harus benar-benar diperhatikan, sebab kulit lama yang tidak terkelupas akan menjadi tempat pembekuan darah pada Iguana.

"Saat proses Iguana ganti kulit saya bantu untuk melepaskan kulit lamanya, tapi tidak semuanya saya bantu. Hanya bagian yang sulit saja, seperti kaki dan buntut. Biasanya kalau saya bantu dia ganti kulit, pas ditarik kulit lamanya dia berontak gitu sih. Tapi tidak semua, tergantung pada karakter masing-masing Iguana," tutupnya.


Perlu diperhatikan sebagai pemelihara saat Iguana shedding. Sebab saat pergantian kulit Iguana membutuhkan bantuan agar dapat shedding dengan sempurna.

Related News