• 13 June 2024

Memilih Ikan Louhan yang Tepat

uploads/news/2022/03/memilih-ikan-louhan-yang-579767b7516e72a.jpeg

Ikan louhan mempunyai keunikannya tersendiri yang bisa menarik para pembeli. Mulai dari warna, ukuran, dan juga perbedaan yang terdapat di kepalanya. Ternyata ikan louhan menyimpan cadangan lemak yang lebih di kepalanya. Itu berfungsi sebagai kelangsungan hidupnya agar lebih lama.

Seperti yang dikatakan Ayu sebagai pemilik Ayu louhan flowerhorn bahwa bagi para peminat diluar sana yang pemula dan ingin membeli ikan louhan  jangan tergiur dengan kata VVIP karna terkadang banyak orang yang menawarkan ikan louhan kecil, dan super dengan kata tersebut. 

“Kalau kita jaga kualitas ikan louhan itu kan pasti dari pakannya, pakan ikan itu wajib kita lihat terlebih dahulu kualitasnya. Saya biasanya ngasih pellet buatan sendiri yaitu Ayu louhan karena itu semua sudah 3 in 1. Mau warna, jenong, maupun body ikan nya itu kita jaga dari pakannya,” ujar Ayu.

Hal kedua yang harus dijaga yaitu air nya. PH air juga ia sering perhatikan, karena jika air sudah mulai keruh atau pun ikan sudah tidak nyaman itu bisa berpengaruh ke kondisi ikannya. Biasanya penyakit yang sering dialami ikan dan disebabkan oleh air yaitu kotoran ikan yang berwarna putih sehingga ia tidak mau makan.

Tetapi hal itupun bisa ia atasi dengan memberi garam, hitter sebagai penghangat agar stabil Kembali. Tidak hanya itu box filter pun juga harus sering dibersihkan karna itu juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Mengganti air ikan bisa seminggu sekali ataupun dua minggu sekali.

“Sebelum makan juga wajib kita ajak main ikan nya. Pakai wayang, atau tangan aja juga bisa biar dia ikut dan kalau semisalnya nanti dia udah cape baru kita kasih makan,” tambahnya.

Sebelum ia memproduksi pellet sendiri, ia juga membuat racikan makanan pakan nya dengan ikan salmon dan udang, lalu di blender diberi satu minggu sekali ke ikan louhan nya.

“Dari sabang sampai Merauke kita sudah pernah kirim, kalau untuk negara lainnya ada Malaysia, singapur, brazill, dan jepang. Rata – rata dikirim nya pakai kantor pos atau pun cargo. Semua kalau mau disiapin harus ada duitnya, ikan nya, dan juga akuarium,” tutupnya

Related News