• 21 July 2024

Quester Euro5, Kendaraan Logistik Sahabat Tani

Kebutuhan bagi Sahabat Tani yang ingin memaksimalkan kendaraan dalam membawa hasil panen,  tealh dijawab PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) dengan kehadiran Quester Euro5. Keunggulan line up terbaru Quester Euro5 dengan teknologi pengendalian emisi yang lebih maju, yaitu Selective Catalytic Reduction atau (SCR) yang mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu, lebih hemat bahan bakar dan aman.

Quester Euro5 merupakan jawaban untuk perubahan sesuai peraturan pemerintah Indonesia tentang emisi gas buang Euro4 yang akan mulai diterapkan pada April 2022. Dan dalam kesempatan yang sama, PT UD Astra Motor Indonesia memperkenalkan Odawara Toshihiko sebagai Presiden Direktur UD AMI yang baru.

“Dalam mendukung program pemerintah tersebut, kami memperkenalkan slogan terbaru kami, “Better Life for Logistic, Planet and People”, yang bertekad menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau”, lanjut Aloysius Chrisnoadhi - Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI.

Selective Catalytic Reduction (SCR) merupakan sistem untuk menurunkan NOx (Nitrogen Oksida) yang keluar dari mesin dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang di sebuah sistem yang terpisah dari mesin utamanya sebelum dibuang ke atmosfer. Secara mudah, teknologi SCR dapa mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu kinerja mesin utama.

Dan pastinya, sistem SCR yang terdapat pada Quester Euro5 ini, tidak sensitif terhadap solar bersulfur tinggi sehingga dapat menggunakan Biodiesel B30 seperti yang beredar dipasarn dan sangat aman serta sesuai untuk diimplementasikan di Indonesia.

Sementara, untuk konsumsi AdBlue® adalah 3-5% dari pemakaian Solar, atau pengisian AdBlue® sekali setara dengan 4 kali pengisian Solar full. Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue® berisi 50 liter dan jika asumsi 1 liter Solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue® bisa untuk menempuh 75 km. Khusus untuk pembelian Quester Euro 5, UD Trucks menyediakan fasilitas gratis AdBlue® sebanyak 800 liter.

Dari segi fitur yang dapat diandalkan Sahabat Tani dalam membawa hasil panen, kapasitas mesin Quester Euro 5 diklaim lebih efisen mencapai 410 hp dengan torsi maksimum 1990 Nm. kemampuan dari Quester Euro 5 dianggap dapat memenuhi logistik  ini tersedia dengan kapasitas tenaga mesin yang lebih besar dan efisien sampai dengan 410 hp dengan torsi maksimum 1990 Nm serta dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru, 

 

Related News