• 19 April 2024

Pahami Siklus Menstruasi Pada Anjing

Pernah tidak Sahabat Tani bertanya apakah anjing bisa haid? Jawabannya adalah tentu saja bisa. Mereka akan mengalami haid atau menstruasi ketika beranjak dewasa dan sudah siap untuk beranak. Hal ini lebih dikenal dengan sebutan loop atau siklus estrus. Anjing betina akan melalui beberapa fase saat berada dalam masa haid, salah satunya adalah estrus.

Dalam fase tersebut, biasanya terjadi peningkatan dan penurunan terhadap hormon estrogen secara signifikan. Kemudian, ovarium akan melepas sel telur yang matang. Anjing yang sedang loop akan mengeluarkan darah dari vagina kadang-kadang disertai dengan pembengkakan vulva dan buang air kecil meningkat. Jangan berharap bahwa pendarahannya sebanding dengan yang terjadi pada manusia.

Untuk anjing kecil, biasanya tidak banyak dan anda mungkin perlu memperhatikan secara dekat untuk mengindentifikasi siklus pertama mereka. Selain pendarahan, gejala yang paling nyata mungkin anjing jantan bisa berkeliaran di sekitar rumah anda. Gejala lainnya seperti perubahan mood, puting bengkak, menyelipkan ekor, dan selera makan berubah.

Tama salah satu pengelola peternakan anjing bernama Pappa Pet menjelaskan bagaimana siklus menstruasi yang terjadi pada anjing betina. “Iya betul anjing juga mengalami menstruasi sama seperti manusia, biasanya setiap enam bulan sekali, kalau lamanya itu kurang lebih tujuh hari sama seperti manusia tapi terkadang ada juga yang sampai sembilan hari,” jelasnya saat ditemui Jagadtani di acara pameran hewan di Living world, Alam Sutera, Tangerang.

Di fase loop, anjing tidak hanya mengalami perubahan fisik, tetapi juga mental. Itu sebabnya Sahabat Tani perlu memberikan perhatian ekstra seperti mengajaknya ngobrol, memberikannya mainan karet untuk digigit-gigit, mengelusnya hingga anjing merasa nyaman. Jangan juga memaksa anjing untuk melakukan kegiatan berat, seperti berolahraga.

“Ketika anjing betina sedang mengalami loop atau menstruasi itu baunya akan menarik perhatian anjing jantan jadi harus dijagai lebih ekstra lagi,” tambah Tama.

Rata-rata anjing betina mengalami siklus pertamanya pada usia sekitar enam bulan. Beberapa anjing ada yang mengalami lebih cepat dan ada juga yang lebih lama, paling lama sampai usia 14 bulan. Jika Sahabat Tani memiliki anjing betina, Sahabat Tani harus mengawasi dan memperhatikannya saat dia mengalami siklus pertama.

Related News