• 30 April 2024

KKP Canangkan Kampung Bandeng di Gresik

uploads/news/2022/03/kkp-canangkan-kampung-bandeng-519075cb5b43f95.jpeg

Semakin besarnya minat yang berimbas pada meningkatnya permintaan ikan Bandeng, membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) kembali mencanangkan kampung perikanan budidaya, kali ini di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Tentu harapannya dengan adanya kampung budidaya ikan bandeng dapat mendongkrak produktivitas budidaya ikan bandeng. “Saat ini, sebelum dicanangkan sebagai kampung bandeng putaran uang di Kabupaten Gresik dari budidaya ikan bandeng mencapai triliunan rupiah. Nantinya setelah beberapa tahun dicanangkan sebagai kampung budidaya ikan bandeng, diharapkan hasilnya bisa meningkat 2 kali lipatnya,” ungkap Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu saat mencanangkan Kabupaten Gresik sebagai kampung budidaya ikan bandeng, Minggu (27/3/2022).

Baca juga: KKP Ajarkan berwirausaha istri nelayan

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya yang akrab disapa Tebe ini, penetapan lokasi kampung perikanan budidaya telah dilakukan sejak tahun 2021 melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 64 Tahun 2021 tentang Kampung Perikanan Budidaya, untuk 6 lokasi yaitu Kabupaten Pasaman, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten Pati, Kabupaten Gresik , Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Kupang. Selanjutnya pada tahun 2022 telah ditetapkan sebanyak 124 lokasi kampung perikanan budidaya melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2022 tentang Kampung Perikanan Budidaya. “Pembangunan kampung perikanan budidaya dilakukan secara bertahap sampai dengan tahun 2024 dengan target di tahun 2022 sebanyak 130 lokasi, dan salah satunya adalah Kabupaten Gresik ini,” jelas Tebe.


Adapun konsep pengembangan kampung perikanan budidaya sendiri, menurut Tebe, merupakan upaya membangun suatu kawasan perikanan budidaya yang berbasis pada komoditas unggulan dan/atau komoditas lokal yang di dalamnya menyinergikan berbagai potensi untuk mendorong berkembangnya usaha pembudidayaan ikan yang berdaya saing dan berkelanjutan, dengan menjaga kelestarian sumber daya ikan dan menjadikan masyarakat sebagai penggerak utama melalui pelibatan dalam berbagai aspek mulai dari hulu (produksi sarana dan prasarana), on farm (perbenihan dan pembesaran) hingga hilir (pengolahan dan pemasaran). Dan Gresik merupakan salah satu daerah penghasil bandeng. Untuk itu, kami membangun kampung budidaya bandeng di sana.

Baca juga: Surga tersembunyi di Yogyakarta

Alasan pemilihan kota Gresik karena salah satu daerah produsen ikan bandeng di Indonesia dengan volume produksi ikan bandeng pada tahun 2020 tercatat 87.119 ton dari total produksi perikanan budidaya sebesar 138.578 ton atau 62,87 %. Total luas tambak di Kabupaten Gresik kurang lebih 28 ribu hektare, Gresik menyumbang 40% dari total luas hamparan tambak di Jawa Timur.

Sebagai informasi dukungan dari KKP untuk kampung budidaya ikan bandeng di Kabupaten Gresik dengan total senilai Rp2,7 miliar di antaranya berupa excavator, pompa air, sarana perbenihan, mesin dan bahan baku pakan serta sarana dan prasarana pengolahan kesehatan ikan.

 

Related News