• 10 May 2024

Poppy, Mas Koki Gemas Juara Kontes

uploads/news/2022/04/poppy-mas-koki-gemas-7830387e302a210.jpg

Ikan mas koki menjadi salah satu jenis ikan terfavorit Vania lesmana,remaja yang sangat tertarik dalam merawat ikan mas koki. Vania juga mengikut sertakan ikannya dalam sebuah ajang kontes yang diadakan diluar sana. Menurut ia pribadi ikan mas koki memiliki ciri khas nya tersendiri.

“Ikan ini kayak gemas mukanya, beda dari ikan yang lain. Cara berenang ikan mas koki juga lucu menggal menggol gitu,” ujar Vania.

Ikan mas koki yang ia beri nama poppy adalah ikan pertama yang sudah pernah mendapatkan juara jumbo champion. Salah satu penilaian yang didapatkan oleh poppy sendiri dikarenakan dari bentuk mukanya yang menggemaskan.

Ternyata tidak hanya itu, ikan yang sudah mengikuti kontes sebelumnya lalu dijual, ikan tersebut akan ditawar tinggi oleh para peminat atau pun kolektor ikan. Itu merupakan salah satu privillage sebuah ikan yang sudah mengikuti kontes.

“Papi juga pernah menjual ikan hingga ratusan juta. Jadi ikan nya udah pernah menang grand champion, pas ngikutin kontes itu sudah dirawat sampai bagus ikan mas kokinya. Sampai ikannya menang grand champion dan terjual 100jt,” tutur Vania.

Akan tetapi tidak semua jenis ikan mas koki yang bisa diikut sertakan, maka dari itu beberapa jenis ikan mas koki yang bisa ada ranchun, suihogan, ryukin, black moor. Untuk itu harus dipilih sesuai kriteria yang bagus dan cantik.

Untuk penilaian dalam kontesnya ini sendiri biasanya dilihat dari anatomi tubuh hal yang paling penting, mulai dari sirip yang tegak, mulut runcing, berenang dengan gesit dan penilaian warna hal yang terahir.

Selain dari hal kontes perlu diperhatikan juga bahwa ikan bisa terkena sebuah penyakit. Jika penyakit tersebut sudah terkena kepada satu ikan, kemungkinan besar itu akan menyebar ke lainnya dan dapat menyebabkan kematian tidak hanya pada satu ikan. Sehingga dari pengalaman Vania sendiri, ikan yang sudah terjangkit penyakit ia sendirikan di akuarium yang berbeda.

“Kita cari tau dulu aja hobi kita apa, seiring berjalan nya waktu pasti kita bakal seneng ngejalanin nya karna itu hobi dan bagi kita nanti nya ngga bakal susah buat ngejalanin nya. Selain itu juga bisa dapat pelajaran dan pengalaman yang bisa diambil,” Ujar Vania.

Related News