• 27 April 2024

Kenali Perbedaan Susu Sapi dan Kambing

uploads/news/2022/04/kenali-perbedaan-susu-sapi-582616017ce1709.jpg

Banyak dari kita mungkin lebih familiar dengan rasa susu sapi, dikarenakan kandungan dari susu sapi bisa banyak kita temui di yogurt, keju, es krim, ataupun lainnya. Tetapi perlu diketahui bahwa susu kambing juga memiliki khasiat yang sama banyak nya. Kira – kira apa saja perbedaan nya, yuk kita ketahui lebih lanjut.

Untuk dari tekstur susu sapi sendiri creamy, lalu bau dari susu sapi yang sudah diperah tidak menyengat dibandingkan susu kambing relatif dengan kebersihan dan pakan kambing itu sendiri. Perlu diketahui bahwa satu kali produksi susu sapi bisa menghasilkan banyak produk.

“Kalau susu yang bagus bisa dinilai dari bau susu nya tidak busuk jadi setelah kita perah langsung kita proses, lalu dari rasanya ngga asam melainkan harus gurih, manis, asin campur-campur seperti itu,” ujar Risky desanto pemilik Juragan Kambing Farm mengenai susu seperti apa yang harus diproduksi bagi para peternak.

Tetapi dari susu kambing ini sendiri kita bisa dapatkan tekstur yang berbeda dari jenis kambing yang beda. Contohnya dari jenis kambing etawa bisa menghasilkan susu yang creamy dan dari kambing jenis sanen menghasilkan susu yang lebih encer.

Dari perbedaan itu kembali lagi ke selera pasar, kita sebagai orang yang mengkonsumsi lebih menyukai yang mana.

Untuk susu sapi sehabis diperah harus di pasteurisasi terlebih dahulu untuk mengsterilkan hasil perah dari bakteri tertentu yang bisa menyebabkan kita sebagai konsumen mengalami diare. Lain dari itu susu kambing bisa langsung dikonsumsi dikarenakan kadar laktosanya rendah dan bakterinya yang tidak sebanyak susu sapi.

Nah untuk manfaatnya sendiri tidak beda jauh karna sama-sama mengandung protein lengkap yang diperlukan manusia untuk menambah energi, perbaikan jaringan, dan pembentukan otot. Keduanya juga mengandung kalsium tinggi.

Akan tetapi kelebihan dari susu kambing ini sendiri yaitu rendah kalori, kandungan vitamin yang tinggi, dan rendah laktosa yang berarti jika seseorang suka mengkonsumsi susu tetapi mempunyai penyakit tertentu solusi nya susu kambing lebih aman untuk di minum.

Terakhir, keduanya memiliki manfaat nya masing-masing untuk kita konsumsi sebagai Kesehatan kita.

“Intinya untuk memulai suatu usaha apapun itu harus modal nekat, dan nikmati prosesnya karna itu bisa kita jadikan pembelajaran yang berharga. Dari proses juga kita lebih siap mental untuk menangani nya dan kambing-kambing juga lebih senang,” tutup Risky.

Related News