• 31 January 2023

5 Hewan Dengan Kehamilan Paling Lama

uploads/news/2022/04/5-hewan-dengan-kehamilan-278568dc0559666.jpg

Masa normalnya hewan mempunyai masa kehamilan yang singkat seperti 9 hingga 10 bulan. Namun, terdiri dari beberapa hewan juga memiliki masa kehamilan yang cukup lama. Jangka waktu masa kehamilannya dapat diperkirakan 1 hingga 2 tahun untuk melahirkan.

Sahabat Tani sudah tahu belum? Hewan mamalia mempunyai masa kehamilan lama dan tidak pernah kita pikirkan. Berikut 3 hewan mamalia yang mempunyai masa kehamilan terbilang cukup lama.

1. Gajah

Gajah adalah hewan pemakan herbivora yang dapat dijumpai digurun ataupun hutan. Hewan ini mempunyai masa kehamilan cukup lama, sekitar 18 hingga 22 bulan untuk melahirkan anaknya.

Namun, walaupun masa kehamilan pada gajah cukup lama. Ia sekali periode akan melahirkan 2 sampai 4 anak gajah. Tetapi jika selama masa hidup, gajah dapat melahirkan 10 hingga 12 anak gajah. Jadi, tidak heran jika dilihat dari masa kehamilan yang cukup lama.

2. Jerapah

Hewan satu ini mempunyai leher panjang dan masa kehamilan yang lama dan panjang. Selama satu periode jerapah akan melahirkan satu anak. Lamanya masa kehamilan jerapah sekitar 13 hingga 15 bulan.

Keunikan pada jerapah, ia akan melahirkan sambil berdiri dan anak jerapah tersebut terjatuh cukup tinggi. Tinggi pada anaknjerapah sampai satu setengah meter. Jadi, dari sesudah lahir jerapah sudah tinggi.

3. Paus

Paus adalah hewan yang mempunyai ukuran tubuh besar dan berhabitat hampir diseluruh laut dunia. Masa kehamilan hewan ini sekitar 10 hingga 18 bulan dan berbeda dari setiap spesiesnya. Paus adalah hewan yang sulit untuk diamati, sebab jarang sekali dipermukaan laut.

Selama masa periode kehamilan pada paus dapat menghasilkan satu anak paus. Setelah waktu kelahiran paus tiba, anak paus akan keluar dari perut paus dan berenang bersama ibu paus.

4. Unta

Keunikan pada hewan ini memiliki punuk diatas pundaknya. Habitat hewan ini biasa ditemukan di gurun pasir. Termasuk kedalam masa kehamilan yang cukup lama 13 sampai 15 bulan. Pada masa periode unta melahirkan satu anak unta.

5. Badak

Hewan yang bertempat tinggal di Taman Nasional Ujung Kulon ini juga mempunyai masa kehamilan yang cukup lama. Dapat dilihat dari keunikannya, mempunyai cula dengan berbagi manfaat dari dulu hingga saat ini oleh manusia bahkan hampir punah.

Masa kehamilan pada badak sekitar 16 sampai 18 bulan dalam satu periode kehamilan. Selama masa hidupnya, hewan ini menghasilkan 8 hingga 10 badak. Jadi, sudah tidak heran mengapa masa kehamilan badak cukup lama.

Jadi, bagaimana Sahabat Tani? sudah memahami hewan mamalia yang mempunyai masa kehamilan cukup lama?

Related News