• 27 April 2024

Trik Penjualan Lele Ala Milenial

Setiap peternak pasti mempunyai gaya jual nya sendiri untuk menarik minat para pembeli. Seperti yang dilakukan oleh Hadi plenneus pemilik penjelajah lele nusantara.

Bermula dari suatu komunitas anak muda yang memang memiliki suatu ketertarikan terhadap beternak dan berniat untuk mendirikan suatu peternakan, lalu sudah banyak nama pilihan untuk nama peternakan nya.

“Akhirnya kita putuskan nama budidaya ikan lele kami menjadi penjelajah lele nusantara atau bisa disingkat dengan plenus,” ucap Hadi.

Menurut Hadi pun jika ada pemula yang berniat menjalankan suatu usaha harus memiliki sebuah partner kerja yang terbaik dan cukup paham dengan prinsip konsep yang mau dijalankan dari awal.

Untuk strategi pemasaran usaha nya sendiri ia harus memahami dari awal sampai akhir. Seperti hasil dari produksi pun juga harus diperhatikan. Lalu salah satu konsep yang ia jalankan ada konsep kemitraan.

“Contoh konsep kemitraan nya beli bibit dan pakan dari kami lalu hasil panen kami beli untuk seluruh jabodetabek. Karna menurut survey konsumsi lele di seluruh jabodetabek kurang lebih 150 ton per hari,” ujarnya

Bagi para pembudidaya lele diluar sana juga pastinya tidak mengalami kerugian yang besar saat pandemi maupun tidak pandemi, atau pun bisa mengalami peningkatan dikarnakan harga lele itu sendiri cukup murah.

Selain itu konsep penjualan lainnya yang diterapkan oleh penjelajah lele nusantara sendiri yaitu mereka juga membangun mitra pemijahan. Dari mitra pemijahan ini mencetak 2 sampai 3 cm bibit ikan lele, lalu hasil itu sendiri diberikan ke mitra pendederan, sangkal, pembesaran dan terakhir mitra lapak ikan segar yang berada di pasar.

“Dari 4 pasar yang sudah dimiliki oleh penjelajah lele nusantara di jabodetabek kebutuhan nya setiap hari sudah 400 kilo di pasar. Tetapi 400 kilo pun masih kurang bagi para pembeli, jika 600 kilo baru mereka tersenyum dikarenakan setiap hari mereka membutuhkan ikan konsumsi,” tambah Hadi

Jika dibahas dari pengeluaran nya untuk kebutuhan bibit 300 sampai 500 ekor dengan berbagai macam ukuran, lalu kebutuhan ikan lele konsumsi sekitar 600 kilo per hari dan untuk keuntungan per bulan nya 15 juta.

“Yang biasa saya katakan dengan teman – teman jangan pernah berputus asa dan yang terahir jangan bilang kami sukses karna sukses adalah akhir dari perjalanan hidup yang penuh berkah,” Tutupnya.

Related News