• 9 May 2024

Tips Merawat Murai Agar Cepat Gacor

Jenis burung yang satu ini sering diikut sertakan dalam lomba kicau burung murai. Biasanya burung murai jenis batu yang sering mengikuti lomba memiliki kelebihan seperti kicauan yang merdu dan keahlian dalam menirukan suara burung lain.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum memelihara nya. Dikarenakan jenis burung murai batu membutuhkan waktu beradaptasi yang cukup lama dengan manusia maupun tempat tinggal baru nya.

“Kalau burung murai dalam penangkaran nya ngga perlu dimandiin yang penting diperhatiin makanan nya jangan sampai nutrisi nya kurang dan jangan berlebihan juga karna bisa berlemak sehingga burung ngga produktif,” ucap Saroso pemilik tr bf farm.

Untuk makanan burung murai batu pun bisa diberikan cacing atau pun kroto, dan minuman di wadah yang bersih, lalu waktu yang tepat untuk memberikan makanan nya pada saat di pagi dan sore hari.

Lalu sangkar burung tersebut pun juga harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah datangnya penyakit dan untuk memilik sangkar burung murai batu sebaiknya usahakan dimodifikasi sesuai habitat aslinya agar burung murai lebih sering berkicau. Salah satu caranya dengan menggantungkan sangkar pada pohon atau menambahkan ranting pohon di dalam sangkar.

Selain itu dalam satu sangkar pun harus berisikan lebih dari 2 burung murai batu agar bisa mengetahui apakah ada yang saling menyerang satu sama lain.

Sebagai pemilik dari burung murai pun juga harus berkomunikasi dengan hewan peliharaan nya agar terdapat hubungan yang baik. Biasanya hal itu bisa dilakukan pada saat memandikan, menyemprot, dan memberi makan pada burung tersebut.

“ Konsep kandang ini biasanya bisa membuat saya menghabiskan waktu sehabis kerja. Selain itu saya bisa nyari inspirasi juga di tempat ini sambil melihat – lihat, dan mendengar burung,” ujarnya

Semua konsep kandang burung murai pun bisa dibentuk sesuai selera. Seperti yang dilakukan oleh Saroso ia memiliki konsep kandang burung dengan lebih terbuka agar burung murai nya tidak terlalu liar dan takut oleh manusia, dan alasan lainnya ia juga bisa mengawasi burung murai nya secara leluasa.

“Desain kandang ini lembar nya 1 meter, Panjang ke belakang nya 2 meter dan tinggi 2 meter. Alasan saya bikin agak luas agar burung itu ada aktivitas gerak nya lebih leluasa dan sehat,” tutup Saroso.

Related News