• 29 March 2024

Pakan Alami Soa Layar Makin Sehat

uploads/news/2022/04/pakan-sehat-untuk-soa-22784b0ff3253d2.jpg

Saat ini hewan reptil banyak digemari untuk dipelihara oleh pecinta hewan reptil. Salah satunya seperti Soa Layar, hewan yang mempunyai keunikan pada layar serta mata yang kebiruan. Cukup mudahnya perawatan dan keunikan tersebut, membuat para penggemar hewan reptil ini banyak yang mencari untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Soa Layar termasuk ke dalam hewan purba endemik yang dilindungi, saat ini di Indonesia hanya beberapa spesies yang diperjual-belikan dari hasil breeding. Jika terdapat transaksi secara langsung melalui hutan akan dikenakan sanksi pidana. Selain diperjual belikan dan dipelihara melalui breeding, tentunya Soa Layar juga membutuhkan pakan sehat agar mempunyai kualitas yang baik.

Sahabat Tani sudah tahu belum? Apa saja pakan sehat yang diberikan untuk Soa Layar? Simak penjelasan Andhika pemelihara sekaligus penghobi dari Soa Layar.
“Makanannya itu tidak berbeda jauh seperti Iguana, tidak ada pakan yang khusus juga mungkin ada beberapa pakan yang harus dihindari. Walaupun soa ini omnivora, tetapi ada beberapa yang harus dihindari, kalau tidak ya dapat menimbulkan penyakit bagi soa ,” jelas Andhika.

Pakan yang sehat dapat membuat soa layar juga mempunyai proses perkembangan setiap tahunnya. Walapun perkembangan pada soa terbilang lama, hal ini bukan berarti pemelihara memberikan makanan secara tidak teratur.

“Kalau untuk buah yang bagus itu pisang dan pepaya. Buah pisang dapat membuat soa gemuk, kalau buah pepaya untuk pencernaannya. Selain itu, seperti buah semangka, mangga, dan melon, tetapi biasanya saya lebih sering kasih buah pisang atau pepaya. Hindari buah anggur, saya lupa dapat mengakibatkan apa bagi soa tapi disarankan untuk tidak memberikan soa buah anggur. Selain buah, ada sayuran yang diberikan kepada soa seperti sawi, toge, kangkung. Soa juga tidak boleh makan sayur bayam,” ujar Pria 21 tahun

Buah dan sayur adalah makanan pokok untuk Soa Layar, sama halnya dengan Iguana. Selain membutuhkan kalsium Soa Layar juga membutuhkan protein.

“Kalau untuk makanan proteinnya dari hewan biasa saya kasih jangkrik, ikan, dan tikus putih. Kalau saya kasih makan tikus atau ikan itu harus puasa 3 hari dulu Soa Layarnya. Karena lama dicerna, sama halnya dengan kalajengking aturan makanannya. Bisa juga patokannya saat pup banyak baru bisa dikasih makan jangkrik dan yang lainnya. Kemudian, jangan sekali-kali kasih soa fillet ayam atau daging sapi dan kambing. Banyak soa yang suddent death karena dikasih pakan fillet, karena dialamnya tidak biasa makan makanan fillet,” tutup Andhika

Pakan Soa Layar ini penting untuk pertumbuhan Soa, agar soa mempunyai kualitas dan tubuh yang sehat. Bagaimana Sahabat Tani? Sudah mengetahui pakan yang sehat untuk Soa Layar?

Related News