• 7 May 2024

Cara Mudah Menjinakan Soa Layar

uploads/news/2022/04/cara-mudah-menjinakan-soa-935696e4c2059e0.jpg

Soa Layar adalah hewan purba yang saat ini banyak digemari untuk menjadi salah satu hewan peliharaan. Jika dilihat secara fisik, hewan ini sekilas seperti Komodo, biawak, dan kadal air. Tampilan tersebut yang membuat Soa Layar termasuk hewan liar dan harus dijinakan.

Jika melihat jenis dari Soa Layar tentu terdapat beberapa jenis yang berada dipasaran, seperti Soa layar jenis Hydrosaurus Weberi dan Soa layar jenis Hydrosaurus Amboinensis. Untuk jenis yang berada di pasaran hanya kedua itu saja, sebab ada jenis yang tidak boleh diperjual belikan.


Ciri fisik pada Soa Layar mempunyai sayap pada bagian tubuhnya, Selain itu keunikan lainnya dapat dilihat pada mata yang terlihat kebiruan. Hewan pemakan makanan omnivora ini memiliki perawatan yang mudah. Tetapi tidak disarankan bagi pemula penggemar reptil untuk memelihara Soa Layar.


Karakter yang dimiliki pada Soa Layar sulit untuk dijinakan. Sahabat Tani tahu tidak? Bagaimana cara menjinakan Soa Layar dari karakter yang jumpy hingga jinak? Simak penjelasan Andhika penghobi dan pemelihara dari Soa Layar.


“Untuk sekarang soa yang saya pelihara jinak, tapi sebelumya jumpy parah bisa dilihat tangan saya sudah banyak cakaran dari soa. Dia bisa jinak, cuma diperlukan perjuangan, siap menerima resiko, dan memakan waktu banyak juga,” ujar Andhika sambil memperlihatkan tangan.


Soa dapat jinak jika ia juga mempunyai perawatan yang baik dari pemeliharanya, apabila perawatan yang diberikan hanya sekedar merawat dan jarang sekali berinteraksi akan lebih sulit juga untuk menjinakannya.
“Setiap hari saya kasih waktu pagi untuk direndam dalem box sambil dihandle kemudian saya jemur, sering untuk dipegang-pegang, handfeed atau memberikan makan disuapin. Banyakin berinteraksi sama soanya, kalau bisa buat dia kenal sama pemiliknya yang biasa sering mengajak main. Kemudian, dikandang atau box berikan suatu tangkringan yang buat dia bisa tetap bermain di kandang atau boxnya. Kemarin saya coba handle kurang lebih waktu yang saya butuhkan 3 bulan, itu karakternya sudah mulai kelihatan lebih jinak dari sebelumnya,” tutup Andhika.


Soa Layar memang mempunyai karakter jumpy, namun tidak salahnya kita sebagai pemilik untuk mencoba menjinakan karakter dari soa. Sudah jelas resiko yang dihadapi tidak lain hampir seluruh tangan akan dipenuhi dengan cakaran Soa Layar.


Jadi, Bagaimana Sahabat Tani? Ingin mencoba hobi dengan Soa Layar?

Related News