• 16 June 2024

Penyebab dan Menangani Ekor Iguana Putus

uploads/news/2022/04/penyebab-dan-menangani-ekor-354104e8cc71a12.jpg

Iguana sebagai hewan reptil yang mempunyai keunikan pada bagian tubuh dan warna. Tentu hewan reptill memiliki kemampuan melepaskan ekor ketika keadaan terdesak arau disebut autotomi.

Namun autotomi bisa dikatakan tidak berlaku pada iguana, terlebih dapam kondisi sebagai hewan peliharaan. Memang Iguana dapat dijadikan peliharaan yang eksotis di rumah. Berbeda ketika reptil yang berhabitat di benua Amerika ini merasa terancam saat berada di alam bebas.

Untuk mengetahui penyebab putusnya ekor pada Iguana, simak penjelasan Andhika penghobi dan penjual dari Iguana.

"Pada dasarnya ekor Iguana bisa putus itu karena dia merasa terancam, saat dia merasa terancam pasti akan melepaskan ekornya untuk mengelabuhi musuh. Jadi Iguana dapat menghidar dari musuhnya dengan aman," jelas Andhika

Tetapi juga ada kalanya kesalahan pada Iguana yang selalu menyabetkan buntut ke dinding dan kandang. Hal ini mengakibatkan buntut akan selalu terputus dengan sengaja. Iguana akan melakukan hal ini sebab kandang yang sempit dan kesulitan untuk bergerak.

"Selama saya pelihara itu pernah kejepit pintu, akhirnya dia lepasin ekornya. Sesudah lepas, nanti tumbuh lagi tetapi buntutnya tumbuh tidak seperti semula. Jadi ada perbedaannya warna menjadi lebih gelap," ujar Andhika

Adapun kesalahan pada pemilik Iguana, saat ingin memegang Iguana pemilik hanya memegang ekor pada Iguana dan menariknya. Hal tersebut dapat menyebabkan ekor pada Iguana terputus.

"Tumbuhnya serta panjang pendeknya ekor tidak bisa ditentukan, waktu saat tumbuhnya juga tidak bisa ditentukan. Pertumbuhan ekor Iguana tergantung kesehatannya, dan faktor usia juga," tutupnya

Jika usia Iguana masih cukup muda akan ada kesempatan besar untuk pertumbuhan ekor, walaupun warna dan ukuran pada pertumbuhan ekor tersebut tidak seperti semula. Tetapi jika usia pada Iguana sudah tua, ekor pada Iguana tidak akan dapat tumbuh kembali.

Untuk perawatan di saat ekor Iguana terlepas cukup mudah, bersihkan luka pada bagian ekor Iguana. Agar darah pada ujung ekor berhenti cukup tahan dengan kapas. Kemudian berikan betadine atau salep khusus agar luka tersebut mengering dengan sendirinya. Hal ini dilakukan saat luka tersebut masih basah saja.

Jika Iguana sudah melepaskan buntut biasanya kuliatas pada Iguana akan menurun. Harga jual pada Iguana pun berpengaruh. Tentu hal ini perlu diperhatikan oleh pengembangbiak Iguana. Perawatan Iguana yang semakin terawat akan lebih tinggi harga jualnya.

Semoga Sahabat Tani setelah mengetahui penyebab dan penanganan dari ekor Iguana yang terputus, dapat mengantisipasi maupun melakukan perawatan pada iguana.

Related News