• 4 May 2024

Bearded Dragon Bisa Berubah Warna

uploads/news/2022/04/bearded-dragon-bisa-berubah-24967aad31a650f.jpg

"Sebenarnya bearded dragon memiliki warna aslinya lebih terang dari ini, warnanya aslinya merah. Tapi karena Reptil itu berdarah dingin, jadi saat dia badannya dingin, warnanya dia bakal ngedrop,”


Sahabat Tani, Bagi pecinta Reptil pasti sudah tidak asing ldengan Kadal satu ini. Bearded Dragon, Kadal yang berasal dari Australia ini memiliki nama Ilmiah Pogona vitticeps. Kadal ini juga dapat menjadi salah satu pilihan Sahabat Tani untuk dipelihara dan dijadikan teman di rumah. Pasalnya, walaupun terlihat menyermkan lantaran memiliki duri-duri tajam yang terletak di atas tubuhnya, Kadal ini terbilang jinak.


Jika dilihat sekilas, Bearded Dragon hampir menyerupai seperti buaya. Namun, Bearded Dragon jauh memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari pada buaya, dan memiliki warna kekuning-kunigan. Jika buaya terkenal dengan sebutan hewan buas, jauh berbeda dengan Bearded Dragon yang dikatakan sebagai Kadal terjinak. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dari Edward pemilik Bearded Dragon.


“Bearded Dragon sebenernya kadal gurun, kalau di reptil dia itu kadal terjinak kadal terbaik gitu. Walaupun ada tajem tajemnya, itu Cuma buat visualnya aja dia fleksible,” katanya.


Seperti hewan Reptil lainnya, sebagai salah satu perawatannya, Bearded Dragon harus sering berjemur. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya penyakit yang biasa dialami oleh Reptil lainnya. Uniknya lagi Sahabat Tani, Bearded Dragon akan merubah warnanya ketika berjemur dibawah sinar Matahari. Mengapa bisa begitu ya Sahabat Tani?


"Dia warnanya aslinya lebih terang dari ini, warnanya aslinya merah. Tapi karena Reptil itu berdarah dingin, jadi saat dia badannya dingin, warnanya dia bakal ngedrop. Tapi saat dia berjemur, atau badannya dia panas warnanya bakal naik jadi terang. Rata-rata kaya gitu," jelasnya.


Bearded dragon termasuk populer sebagai hewan peliharaan karena memiliki sifatnya yang patuh. Bearded dragon sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Di beberapa negara Eropa, Bearded Dragon menjadi hewan peliharaan ketiga yang paling banyak dipelihara setelah Anjing dan Kucing. Hal itu karena Bearded Dragon sangat mudah terkait makanan dan pemeliharaan.


"Untuk perawatannya sangat mudah yah,  harus sering dijemur, biar ga gampang kena penyakit, kalau untuk makanan, Bearded Dragon makan jangkrik dan sayuran," ujarnya.


Kunci utama dalam memelihara Reptil seperti Bearded Dragon yaitu memperhatikan kebersihan, pola makan dan yang paling terpenting adalah rajin untuk berjemur dibawah sinar Matahari.

Related News