• 19 April 2024

KKP Ajak Perkuat Branding Mutiara Indonesia

uploads/news/2022/04/kkp-ajak-perkuat-branding-778449f40fbf081.jpeg

Kemaritiman Indonesia memang unggul dari berbagai segi, termasuk mutiara yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Saat ini, harga butiran (loose pearl) ISSP sekitar USD 15-25 per gram. Sedangkan ukuran mutiara dari Indonesia lebih besar 9-17mm dengan berbagai pilihan warna seperti putih, silver hingga gold. 

Namun sayangnya, sesuai data Indonesian South Sea Pearl (ISSP) permintaan dari luar negeri mulai menurun. Secara data ekspor mutiara Indonesia periode 2017 - 2021 mengalami fluktuasi, dari USD51,4 juta di tahun 2017, menurun menjadi USD44,4 juta pada tahun 2021 (BPS 2022, diolah Ditjen PDSPKP). ISSP umumnya diperdagangkan dalam bentuk loose (butiran) dan jewelry (perhiasan) melalui lelang (auction) baik di pasar domestik maupun internasional, utamanya di Jepang, Hong Kong, dan Australia.

Dalam webinar "Mengenal Mutiara Indonesia" yang digelar DWP KKP, Selasa 12 April 2022, Artati mengajak ibu-ibu DWP untuk turut mempopulerkan ISSP. Terlebih mutiara merupakan salah satu sumber daya laut Indonesia sebagai penyumbang devisa negara.

"Mari kita semua perkuat branding mutiara south sea pearl Indonesia agar di pasar global tidak kalah dengan south sea pearl yang dihasilkan dari Australia, Filipina dan Myanmar," urainya.

Untuk memudahkan dalam mengenali mutiara asli atau palsu, Ketua Divisi Hilir Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (Asbumi) Fara Nasution membagikan tips membedakan mutiara. Dia pun mengenalkan teknik 3 M: membakar, membaret dan menggosok guna mengetahui keaslian dan kualitas mutiara.

"Jika tidak terjadi perubahan saat dibakar, dia asli. Lalu jika dibaret dan disapu pakai tangan mulus lagi, itu juga asli. Atau gosok antar mutiara, kalau asli permukaannya mulus," terang Fara.

Demi meningkatkan minat mutiara laut selatan Indonesia, Ernawati Trenggono - Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghimbau ibu-ibu DWP untuk memakai mutiara Indonesia pada setiap kesempatan, baik pada acara resmi maupun dalam kegiatan sehari-hari guna mengedukasi sekaligus memopulerkan mutiara asli Indonesia

"Mari kita tunjukkan bahwa Mutiara Laut Selatan Indonesia adalah identitas wanita Indonesia," kata Ernawati di Jakarta.

Related News