• 3 May 2024

3 Jenis Kelapa Cocok Untuk Bonsai

Sahabat Tani pasti sudah banyak yang tahu kalau bonsai bukanlah tanaman hias asli Indonesia. Sedangkan, penyebutan bonsai di Indonesia mirip dengan di Jepang. Dalam Bahasa Jepang, 'bon' memiliki arti pot, sedangkan 'sai' memiliki arti tanaman. Dan tidak semua tanaman dapat di bonsai, begitu pula dengan kelapa. 

Seni bonsai sejatinya berasal dari China. Bonsai di China memiliki nama lain yaitu Penjing atau Penzai yang memiliki arti miniatur tanaman. Orang Tiongkok memulai seni bonsai ini sejak 2.000 tahun silam.

Bukan tanpa alasan kenapa mereka menciptakan miniatur pohon mini. Bonsai sendiri dibuat untuk merepresentasikan keindahan alam dalam bentuk lebih kecil dan yang perlu diingat adalah tidak semua tanaman bisa dibonsai. Nah, setiap bonsai pun memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

Selain ukuran, jenis pohon yang dijadikan bonsai juga berbeda-beda ada pohon cemara, beringin, sampai pohon kelapa. Nah kali ini yang ingin dibahas adalah jenis pohon kelapa apa yang bagus untuk dibonsai. Dede Koswara, salah satu anggota komunitas Bonsai Kelapa Indonesia memberi tahu jenis kelapa yang bagus untuk dibonsai.

Kelapa Gading Merah

“Jenis kelapa yang bagus dan indah untuk dijadikan bonsai yaitu yang paling pertama kelapa gading merah, karena jenis kelapa gading merah ini sangat mudah ditemukan dia ada dimana saja, di hutan, gunung, maupun laut,” jelas Dede. Ia juga mengatakan jika bonsai dari kelapa lebih mudah dirawat ketimbang jenis bonsai lain. “Bonsai kelapa ini sebenarnya lebih mudah dari bonsai-bonsai yang lain karen bisa tidak memerlukan kawat untuk membentuknya, cukup dibuang pelepah atau tunasnya aja,” tambahnya.

Kelapa Gading Susu

Berbeda lagi dengan kelapa gading merah, kelapa gading susu memiliki warna putih dan sering tumbuh di daerah subtropis. Selain itu kelapa gading susu juga sering dijadikan pengganti pohon palem di rumah. Sahabat Tani bisa membentuk kelapa gading susu ini sesuai yang diinginkan. “Bonsai itu kan artinya replika pohon yang dibentuk sama persis dengan di alam jadi kalau ditanya bonsai yang bagus seperti apa ya pasti yang paling menyerupai bentuk aslinya,” ujarnya.

Kelapa Gading Albino

Jika dilihat dari namanya mungkin Sahabat Tani sudah bisa membayangkan warna dari jenis kelapa ini. Ya, Warna kelapa albino cenderung putih tidak pucat polos, dan jauh lebih putih dari kelapa gading susu. “Kalau untuk albino ini kita bisa cat dia sesuka hati bisa dibentuk juga menyerupai kepala ayam, kura-kura, atau bunga sesuai seni yang kita mau,” tutupnya.

Related News