• 3 May 2024

Cegah Scabies Pada Kucing Kesayangan

uploads/news/2022/04/cegah-scabies-dan-jamur-177296305a82290.jpeg

Memelihara hewan merupakan hobi yang digemari banyak orang. Salah satunya memelihara kucing yang paling banyak diminati masyarakat dimasa pandemi COVID-19.

Kucing merupakan hewan lucu nan menggemaskan, kucing juga termasuk hewan kesayangan baginda Rasulullah.

Memilih hewan peliharaan tentunya ingin yang sehat dan bersih. Namun rentan juga terkena penyakit Maka dari itu, Sahabat Tani perlu sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan pada kucing kesayangan Sahabat Tani.

Untuk itu Sahabat Tani perlu memperhatikan kebersihan kandang, makanan, minuman, dan tubuh kucing kesayangan. Karena jika kondisi tubuh dan kandang tidak baik kucing akan mudah terserang penyakit seperti infeksi, diabete, jamur, hingga scabies.

Menurut dokter Aulia, kucing mudah sekali terserang penyakit jika tidak bersih baik kandang, tubuh, ataupun tempat makan dan minumnya. Penyakit yang akan timbul yaitu jamur dan scabies.

“Scabies salah satu penyakit yang disebabkan oleh tungau yang predileksinya di bawah kulit, yang nantinya seperti kerak di ujung telinga, hidung, ekor, maupun ujung jari,” ucap dokter aulia

Penanganan untuk pengobatan scabies bisa menggunakan obat tetes kutu atau salep di oleskan pada tubuh yang terdapat scabies nya. Sedangkan jamur hampir sama dengan scabies namun beda di bagian lipatan tubuh.

“Sedangkan kalau jamur itu parasit yang menghasilkan spora yang memakan undangnya untuk mendapatkan makanannya, jadi biasanya kucing yang terkena jamur bulunya rontok di area yang berjamur kemerahan dan agak basah, penyebabnya bisa karena suka main di tempat lembab, gigitan kutu, imunitas yang kurang bagus, dan waktu mandi itu tidak benar-benar kering”ucap dokter Aulia pada tim Jagadtani.com

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh pada kucing yang kita pelihara agar tidak terkena penyakit jamur dan scabies.

Dokter yang bekerja di Klinik Hewan, Jonggol ini mengatakan perlu dilakukan pengobatan dan pencegahan setelahnya agar jamur dan scabies pada kucing tidak kembali.

“Kalau scabies disarankan pakai obat tetes kutu, di oleskan pada bagian tengkuknya satu kali saja itu akan memproteksi tubuh kucing selama satu bulan. Dan lakukan secara berkala memberikan obat tetes kutu tiga bulan sekali untuk pencegahannya.” Tutup dokter aulia

Demi kucing kesayangan pastinya Sahabat Tani akan memberikan yang terbaik agar kucing yang dipelihara selalu sehat, aktif dan dapat bertumbuh kembang dengan baik. 

Related News