• 27 May 2022

3 Musang yang Friendly Untuk Dipelihara

SHARE SOSMED

Pada mulanya, musang dianggap sebagai hewan liar yang suka memangsa hewan ternak seperti ayam. Namun kini, musang sudah banyak yang bisa dijinakkan untuk dipelihara di rumah loh Sahabat Tani. Jika Sahabat Tani termasuk salah satu di antara orang-orang yang berniat memelihara musang di rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai jenis-jenis musang apa saja yang banyak dipelihara.

Kenali mulai dari karakternya, ciri khas, makanan, hingga habitatnya. Hal ini dilakukan untuk membulatkan tekad kita dalam memelihara musang dan menghindarkan Sahabat Tani menjadi bagian dari orang-orang yang memelihara hewan dengan cara yang salah.

Namun, kira-kira musang jenis apa saja ya yang cocok untuk dijadikan peliaharaan di rumah? Alan Nuary peternak musang yang tinggal di daerah Depok ini memberikan beberapa rekomendasi musang yang friendly untuk dipelihara.

Musang Pandan

Jenis musang pandan menjadi salah satu jenis musang yang paling populer di Indonesia. Musang pandan ini sangat terkenal karena kemampuannya dapat menghasilkan kopi. Tak hanya itu saja, musang ini juga paling banyak dipilih sebagai musang yang dipelihara oleh para pecinta hewan.

“Musang pandan ini juga karakternya pendiem sih jadi kalau untuk dipelihara cocok, untuk dipegang anak-anak juga cocok,” ujarnya.

Disebut musang pandan lantaran musang jenis ini memiliki aroma bau khas pandan. Bagi Sahabat Tani yang memang sudah tertarik pada musang luwak atau musang pandan ini, musang jenis ini sudah banyak di jual pada toko hewan peliharaan atau juga pada forum jual beli hewan.

Musang Akar

Jenis musang paling populer di Indonesia berikutnya adalah musang akar. Musang ini banyak ditemukan pada pohon buah seperti pohon aren, pohon kasturi, pohon jambu, dan pohon sukun.

“Kelebihan musang akar ini kalau menurut saya ada di bulunya, bulunya dia itu lebut beda dengan musang bulan atau pun pandan. Dan dia juga lebih agresif dan lincah jadi kalau diajak main lebih seru,” jelas pria yang juga mantan barista tersebut.

Makanan musang akar biasanya adalah buah-buahan atau binatang berukuran kecil. Habitat asli musang akar terdapat di hutan primer dan hutan sekunder dengan ketinggian tempat hingga 1500 mdpl.

Musang Bulan

Musang Bulan merupakan musang yang penyebaran paling luas,penyebarannya termasuk Pakistan utara dan Kashmir ke Indochina dan Semenanjung Melayu, Laos, Sumatra meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, Kalimantan, Taiwan, Hainan, terdapat juga di bagian timur dan selatan Cina, dan Kepulauan Andaman dan Nikobar. “Nah kalau saya memang kebanyakan pelihara musang bulan karena dia postur tubuhnya bisa sampai besar jadi mirip kayak binturong, harganya mulai dari 2,5 juta yang anakan,” ungkapnya.

Related News