• 19 April 2024

Prospek Menjanjikan dari Ternak Jangkrik

Hilman fauzi merupakan peternak jangkrik yang sudah mendirikan usaha nya yang pertama di daerah desa cinderung jauh sebelum adalah virus covid dan seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran virus covid 19 sangat berdampak kepada para remaja yang pengganguran dan orang tua yang kehilangan pekerjaan nya.

Maka dari itu ia bertekad untuk membangun usaha jangkrik kedua nya di daerah katulampa dimana disana sangat menerima dampak covid yang luar biasa. Walau terkena musibah, para penduduk katulampa pun tidak mengabaikan kesempatan yang telah diberikan oleh Hilman untuk menaikkan per ekonomian masyarakat mereka.

“Menurut saya kelebihan beternak jangkrik ini sendiri di pendalaman desa, ia tidak merugikan masyarakat sekitar dari limbah nya dan segala macam. Jangkrik pun tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap maupun suara yang berisik,” ucap Hilman.

Selain itu hal yang paling ia sukai dalam beternak jangrik ini pun adalah bisa menafkahi 6 kepala keluarga, mulai dari peternak telur jangkrik, pemasaran jangkrik, pengepul, supply ke bandar dan dari bandar bergerak ke sales dan yang terahir ke kios. Jadi secara tidak disadari usaha jangkrik ini membawa keuntungan bagi banyak orang.

“ Antusias para warga yang terdampak covid sangat luar biasa. Saya juga jadi senang bisa bermanfaat bagi orang lain. Maka dari itu dibelakang perkampungan ini banyak plasma – plasma yang mereka sekarang mandiin,” ucap Hilman.

Walau begitu ia pun tidak langsung lepas tangan terhadap usaha yang telah ia bangun, melainkan ia juga harus terjun untuk memberi support kepada karyawan yang sudah dilatih ditempat nya untuk mencoba bereksperimen sendiri di rumah masing – masing. Karna harapan lainnya setelah ia melakukan quality control kepada para warga yang bekerja agar mereka bisa memberikan keilmuan itu ke saudara – saudara nya.

“Saya dulu pernah mengontrol ke petani – petani yang saya bina di berbagai tempat sampai saya juga pernah membina napi di Lp pondok rajet,” ucap Hilman mengenai pengalaman nya membina para petani.

Rata – rata pembelian terbesar nya untuk pemberian pakan burung berkicau, cosmetic, dan yang sekarang ia sedang bergerak cara untuk menghasilkan suatu tepung dari jangkrik.

Manfaat jangkrik ini sendiri untuk di tepung itu sendiri untuk campuran bahan membuat kue, lalu untuk burung agar ocehan nya lebih bagus dan birahi suatu burung keluar.

Related News