• 1 May 2024

Memetik Lemon dari Pohon 'Kerdil'

BOGOR - Sahabat Tani suka lemon? Lemon atau bernama ilmiah Citrus limon adalah sejenis jeruk yang buahnya kaya akan vitamin C serta kandungan nutrisi lain. Tak heran apabila jeruk lemon menjadi salah satu buah yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan.

Buah lemon bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan minuman segar atau mencampurnya dengan teh ataupun dengan makanan. Namun bila tahan dengan rasa asamnya dan terkadang kecut maka bisa dimakan langsung dalam bentuk buah segar.

Tanaman yang masuk dalam keluarga Rutaceae ini dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis dengan pohon berukuran sedang dapat mencapai enam meter. Namun saat ini tanaman lemon bahkan sudah berbuah meski berukuran 'kerdil' mudah untuk dijumpai. Seperti tanaman lemon milik Lingga Nugroho.

"Tinggi pohon (lemon) ini kurang dari siku ukuran dewasa. Buahnya sudah ada 13 buah," kata warga Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat itu kepada Jagad Tani, Jumat (22/4).

Lingga mengaku saat ini memang tengah mencoba membudidayakan jeruk lemon di rumahnya. Selain jeruk lemon, juga dibudidayakan jeruk jenis lain, yaitu jeruk santang madu dan jeruk nipis yang ditanam di pot.

Berbagai jenis jeruk tersebut, terang dia, tidak ditanam langsung dari biji, namun penanaman dari bahan bibit yang dibelinya secara online. Begitu pula dengan media tanam yang digunakan yang tersedia di toko pertanian.

"Metode penanamanya saya pakai media tanam yang sudah jadi juga. Pupuknya pakai sisa bekas sayuran, seperti batang sawi, kulit bawang, kulit wortel, kulit timun dan pakai pupuk kandang. Nah, untuk penyiraman pagi sama malam. Kecuali kalau hujan nggak disiram," ujarnya.

Lingga yang juga berprofesi jurnalis ini mengungkapkan awalnya ia sempat mengira gagal khususnya untuk jeruk lemon yang ditanamnya dua bulan lalu itu. Pasalnya, saat memasuki satu minggu buah lemon yang sudah sebesar telur itu warnanya hijau (buah mengkal).

"Iya, awalnya sempat dikira gagal, tapi setelah seminggu warna hijau itu memudar seperti warna kayak busuk gitu. Warnanya coklat burik. Tapi lama kelamaan warna coklat buriknya hilang," tukasnya.

Saat ini, usaha budi daya jeruk lemon dan jeruk nipis sudah menunjukkan hasil yang bagus. Kedua tanaman ini tumbuh subur dan sudah berbuah, sedangkan jeruk santang madu tengah fase berbunga. Namun baik buah lemon maupun nipis belum tiba saatnya untuk dipanen.

"Belum bisa dipanen. Ini baru perdana. Paling seminggu atau lima hari lagi (panen buah lemon) sampai kuning mentereng," kata dia seraya mengimbuhkan alasan menanam lemon lantaran suka bikin minuman lemon tea. Setidaknya dengan memetik lemon di kebun ada efisiensi biaya.

Related News