• 27 May 2022

Mengenal Merpati Pos, Burung Pengantar Surat

SHARE SOSMED

Surat menyurat merupakan salah satu komunikasi yang paling utama pda masanya. Karena belum adanya telepon genggam orang dulu menggunakan burung merpati untuk mengirimkan suratnya.

Dikenal dengan sebutan merpati pos, burung yang memiliki daya ingatan yang kuat dan tenaga yang mampu terbang ratusan kilometer ini menjadi daya tarik saat ini bagi para penghobi.

Namun itu tidak hanya didapat dengan instan, perlu melatih sedari kecil untuk mendapatkan merpati pos yang bagus, cepat, dan tepat waktu.

Karena dalam sebuah perlombaan merpati pos dinilai dari kecepatan, jarak tempuh, dan juga ketepatan waktu sampainya.

Seperti Samanhudi atau Sam, salah satu pengurus burung merpati pos Kemploe Loft di Paninggilan utara, Tangerang, Banten. Ia memiliki lebih dari 200 ekor burung merpati pos.

“Dulu itu awalnya cuma main kost-kostan merpati, jadi beli merpati dititip ditempat teman. Terus diikutin lomba lama-lama jadi mau punya kandang sendiri, jadinya bikin kandang sendiri berawal dari 20 pasang diikut lomba jadi hobi dan saat ini akhirnya jadi ada 200 ekor lebih.” Ucap Sam kepada tim Jagadtani

Keistimewaan merpati pos yang mampu terbang menempuh jarak hingga ribuan kilometer ini menjadikan harganya juga menjadi fantastis. Merpati pos ternyata berbeda dengan merpati biasa, karena keistimewaannya ini merpati pos dapat dilepas antar pulau dan dapat kembali ke rumah asal tempat ia lahir karena daya ingatnya yang cukup kuat.

Untuk mencetak merpati pos juara Sam selalu melakukan latihan setiap minggunya mulai dari jarak yang terdekat seperti pasar minggu, bintaro, hingga yang paling jauh Cirebon yang menjadi tempat latihan wajib para merpati pos.

Selain latihan, merpati pos juga diberikan suplemen vitamin dan makanan rutin untuk kekuatan tubuhnya.

“Kalau disini kita kasih vitamin, obat-obatan pil-pil jamu, seperti Versele laga untuk daya tahan tubuhnya, dan stamina bertambah. Kalau makanannya kita campur seperti jagung, beras merah, kacang hijau, kacang tanah, cantel, kenari seed, milet putih, milet merah, biasanya juga saya campuran minyak ikan sama madu biar tambah kuat.” Ujar Sam

Nutrisi dan energi sudah terpenuhi, kesehatan tubuh baik bulu, mata, dan lainnya pun perlu diperhatikan. Dikarenakan burung merpati pos ini termasuk burung yang mandiri jadi Sahabat Tani tidak perlu capek untun memandikan burung ini, cukup sediakan bak besar berisi air nanti mereka akan mandi sendiri loh. Mereka pun sudah mengetahui jadwal kapan mereka makan dan harus masuk ke kandang.

“Karena merpati ini cukup pintar juga punya daya ingat yang kuat jadi kita tidak usah capek-capek lagi buat tangkap burung untuk masuk kandang, soalnya dia tau waktunya dia masuk kandang untuk makan ia akan masuk dengan sendirinya dan bahkan berebut dengan yang lain untuk masuk kandang.” Ucap Sam

Related News