• 20 April 2024

Jelang Lebaran, Pasar Rawa Belong Diserbu

Bagi sebagian orang, bunga hias jadi salah satu pelengkap perayaan Lebaran. Mereka berusaha memburu bunga hias favoritnya untuk hiasan di dalam rumah. Apakah Sahabat Tani termasuk dari salah satunya? Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022, banyak masyarakat mulai berburu bunga hiasan untuk mempercantik rumah menyambut lebaran.

Salah satu tempat yang ramai dikunjungi masyarakat pecinta bunga hias adalah Pasar Bunga Rawa Belong yang berada di Jalan Sulaiman, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pasar bunga ini juga dijadikan objek wisata belanja dan menyajikan bunga lokal dan impor. Berbagai jenis bunga bisa ditemukan di sini di antaranya bunga mawar, melati, sedap malam, anggrek, lily, anterium, aster, matahari dan dahlia.

Ahmad, Salah satu penjual bunga di Rawa Belong mengatakan sudah menjadi langganan ketika menjelang hari raya pasar bunga terbesar se-Asia Tenggara ini ramai dikunjungi. “Biasanya H-5 itu sudah ramai dipenuhi pengunjung, bahkan ada pedagang yang beberapa bunganya itu ditahan jadi nggak dikeluarin dulu buat menjelang Hari H,” tuturnya.

Ahmad juga mengatakan harga bunga yang dijual pun jadi naik begitu drastis sebab orang-orang banyak yang membutuhkan hiasan untuk didalam rumah jadi mahal pun tidak masalah. “Yang paling laku dan paling mahal itu sedap malam harga biasanya kan Rp.30 ribu nah kalau menjelang lebaran bisa sampai Rp.300 ribu perikat ya pokoknya makin sedikit bunga ya harganya makin mahal,” tambah Ahmad.

Tak hanya sedap malam loh Sahabat Tani, Hal serupa juga terjadi pada bunga anggrek. Biasanya satu pot bunga anggrek di banderol seharga Rp.120 ribu tapi ketika hari raya datang bunga anggrek bisa dibanderol hinggal Rp.300 ribu.

Related News