• 1 March 2024

Memilih Indukan Burung Kenari Layak Diternak

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam berternak atau menjadi pembudidaya hewan. Namun paling tidak tingkat keberhasilan dapat diperbaiki dengan memilih indukan yang unggul. Indukan burung kenari menjadi kunci kesuksesan dan tentunya mempengaruhi kualitas dari anakannya.


"Calon indukan jadi penentu keberhasilan ternak kenari. Ada beberapa hal yang sangat berpengaruh, mulai dari postur tubuh, bulu dan yang tidak bisa dipungkiri adalah usia," ungkap Ahmad Syahrullah - pemilik Kingkonk Kenari.


Untuk postur tubuh burung kenari betina pada umumnya harus memiliki katuragan berpostur tinggi dengan bagian dada membusung (montok). Secara tampilan betina burung kenari yang akan diternak berbentuk ngembung atau disebut "ngebotol".


Sementara untuk burung kenari jantan yang bagus untuk diternak berukuran besar yang proposional. Paling tidak perbandingan dari seluruh tubuh kenari jantan seimbang atau tidak dominan pada satu bagian saja. Postur tubuh ini dapat mempengaruhi pada keturunannya. Semakin bagus posturnya.


Untuk bulu burung kenari yang dimaksud bukan pada warnanya. Untuk warna tentu tergantung dari keinginan sang peternak. Namun yang dimaksud Ahmad Syahrullah adalah ketebalan bulu burung. Dengan bulu yang berada disekitar alat kelamin betina atau kloaka yang tipis mudahkan proses perkawinan. Selain itu juga dapat menghindari kotoran burung yang menempel pada burung sehingga berbahaya.


Pada kenari jantan juga harus memiliki bulu yang tidak panjang. Tujuannya juga mempermudah proses perkawinan sehingga tidak gagal karena terhalang oleh bulu burung kenari. "Jika katuragan dari betina maupun jantan dianggap sesuai, namun bulu di sekitar kloaka atau fen tebal. Cara mengatasinya cukup dengan mencukurnya atau menipiskan saja." Tutur Ahmad Syahrullah.


Selanjutnya adalah usia dari kedua indukan harus mapan. Setiap jenis ada perbedaan, burung kenari lokal dan AF dapat mulai dijodohkan dan masuk kandang ternak pada usia sekitar 7 - 8 bulan. Sementara untuk seri lainnya yang diataskan harus berusia di atas setahun atau minimal satu kali mabung.


Untuk kenari jantan, selain usianya telah mapan juga harus gacor sebagai penanda burung kenari telah birahi dan siap diternakan.


Setelah mendapatkan indukan burung kenari yang layak diternakan, selanjutnya adalah penentuan lokasi kandang yang wajib diperhatikan.


Semoga dengan tips dalam mengetahui calon indukan burung kenari, Sahabat Tani dapat menentukan sebelum memulai ternak. Jika tidak memenuhi syarat di atas, kemungkinan ternakan burung kenari tidak dapat menghasilkan kualitas yang bagus.

Related News