• 23 February 2024

Milenial Ajak Anak Muda Budidaya Jamur

uploads/news/2022/05/milenial-ajak-anak-muda-2002714846b882b.jpg

Jamur tiram kini semakin populer di Indonesia. Pasalnya, sudah banyak petani yang membudidayakan jamur tiram. Investasi murah dengan hasil yang menjanjikan membuat jamur tiram dijadikan lahan bisnis utama. Para pelaku budidaya pun tidak perlu repot membuat bibit sendiri, karena sekarang bibit jamur tiram sudah dikemas dalam bentuk baglog.

Jamur tiram merupakan jamur yang tumbuh liar dan aman untuk dimakan. Jamur ini telah menjadi makanan sehari-hari yang cukup populer. Jamur ini pun bisa dibudidayakan untuk dijual maupun sebagai konsumsi sendiri.

Saat ini sudah banyak petani milenial yang beralih menjadi petani jamur tiram, Setya Pramudi salah satunya. Di usia yang baru menginjak 22 tahun ini ia sudah mempunyai usaha sendiri yang diberi nama Jamur Tiram Bantul. “Kami memilih usaha ini dikarenakan melihat market dan perawatan jamur yang cukup mudah, mengingat semua anggota keluarga mempunyai pekerjaan masing masing, dengan demikian memilih jamur tiram dengan harapan bisa menjadi usaha sampingan untuk menunjang ekonomi keluarga,” tuturnya kepada Jagadtani.com saat dihubungi melalui pesan singkat.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa usaha jamur tiramnya ini berbeda dengan usaha jamur tiram yang lainnya. Setya mengaku hasil Jamur yang ia budidayakan lebih berkualitas dengan perawatan yang maksimal serta didukung oleh keadaan geografis pegunungan yang mendukung dalam pertumbuhan jamur sesuai dengan di alam tempat Jamur Tiram tumbuh.

“Jamur Tiram Bantul juga tidak menggunakan bahan kimia apapun dalam perawatanya dikarenakan pada lingkungan yang sangat support pada pertumbuhan Jamur Tiram, mengingat Jamur Tiram Bantul bukan sumber ekonomi utama keluarga maka dalam pemasaran harga lebih miring sesuai kebutuhan,” tambah Setya.

Jamur Tiram Bantul juga menggunakan bibit jamur (baglog) dengan memanfaatkan media alam seperti serabut kayu, kulit padi halus, dll yang diolah dan disteril dengan uap lalu setelahnya disusun dalam ruangan dengan sirkulasi udara dan kelembaban yang selalu dijaga.

Untuk itu Setya mengajak para anak muda untuk budidaya jamur tiram, karena selain udah jamur ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan loh Sahabat Tani. Jamur tiram menyediakan serat makanan, beta-glukan, dan bahan-bahan lain yang dapat meningkatkan kesehatan. Mereka memiliki rasa yang lembut dan dapat digunakan untuk menambah rasa ke berbagai hidangan gurih.

Related News