• 5 May 2024

Nilai Ayam Sombong, PSB Libatkan JSI

uploads/news/2022/06/nilai-ayam-sombong-psb-13858e107bbf028.jpg

BOGOR - Kontes nasional seni dan kecantikan ayam serama akan segera digelar dalam waktu dekat di Bogor Creative Center (BCC), Jalan Ir. H. Juanda No.4, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, atau tepatnya Minggu, 12 Juni 2022.

Kontes perdana yang diselenggarakan Paguyuban Serama Bogor (PSB) di kota berjuluk Kota Hujan ini terdapat 18 kategori kelas. Yaitu, kelas laga bintang anak, laga bintang betina, laga bintang jantan dewasa, anakan jantan A, anakan betina A, anakan jantan B dan anakan betina B.

Kemudian, kelas betina remaja, betina dewasa, jantan remaja, jantan muda, jantan tanpa lawi, jantan dewasa A, jantan dewasa B, raja kebas, best of the best, best of female dan best of chick. Sementara untuk penilaian, PSB melibatkan tim juri yang terdiri dari Eka Septian, Ikhwan Suhada dan Ralls.

Salah satu juri yang juga anggota Juri Serama Indonesia (JSI), Eka Septian mengatakan, untuk kriteria penilaian dalam kontes ayam serama ini dibagi menjadi dua, yakni gaya dan aksesoris. Kriteria yang menjadi penilaian tim juri ini untuk semua kelas yang diperlombakan.

"Gaya yang dinilai dibagi tiga, yakni kedudukan, dada dan keceriaan. Sedangkan aksesoris meliputi dari bulu, ekor, sayap, balung atau jenger, paruh, mata dan pial ayam. Itu masuk ke semua kelas dari anakan sampai dewasa," kata Eka saat ditemui di BCC, Sabtu (4/6).

Ia menjelaskan, tim juri dalam kontes ayam serama di Kota Bogor berjumlah tiga orang dengan 18 kelas yang diperlombakan. Sementara untuk penentuan kategori kelas di kontes ayam serama dilakukan tim grider.

Eka membenarkan kontes di Kota Bogor ini terdapat satu kelas tambahan dari panitia yaitu kelas ayam serama favorit. Namun pada kelas ini tidak masuk bagian dari penilaian tim juri.

"Iya, rencananya di Bogor ini ada kelas spesial. Itu penilaian terfavorit dari pak wakil wali kota, juri tidak bertugas di situ," tukasnya.

Di meja panggung, ayam terkecil di dunia yang dikenal sombong sering membusungkan dada dan mengepakkan sayapnya ini akan diberikan waktu tampil unjuk peragaan sesuai kelas yang diikuti kontestan. Kelas reguler selama 2 menit, laga bintang 3 menit, best of the best 5 menit, best of female 3 menit dan best of chick 3 menit.

Related News