• 27 April 2024

Kontes Ayam Serama Sukses Digelar di Kota Bogor

BOGOR - Kontes nasional seni dan kecantikan ayam serama yang diselenggarakan Paguyuban Serama Bogor (PSB) di Bogor Creative Center (BCC) sukses digelar pada 12 Juni 2022. Kontes perdana ini diikuti ratusan penghobi ayam serama dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua PSB, Thama Serama Betta menyampaikan kontes nasional ayam serama yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim telah berjalan lancar dan sukses. Pihaknya menggagas kontes ini selain untuk memperkenalkan sekaligus menjadi wadah mempererat silaturahmi antarpenghobi ayam serama.

Ia menambahkan, kedepan kontes ini bakal menjadi agenda tahunan PSB. Untuk event perdana saat ini diikuti 300 kontestan dari berbagai daerah dengan 18 kategori kelas yang diperlombakan. Iapun akan mengajak para penghobi ayam serama baru turut serta pada event berikutnya.

"Untuk perkembangannya kita nanti istilahnya mencakup penggemar-penggemar baru di serama. Lalu kita budidayakan dan kita ajak untuk berkomunitas. Dan kita bikin tahun depan event yang lebih besar dari ini," ujarnya di BCC, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Di Bogor sendiri, terang Thama, ayam asal negeri Jiran ini terbilang cukup banyak peminatnya. "Banyak peminatnya. Mulai dari Kota Bogor sampai Kabupaten Bogor. Jika kita hitung misalnya ada sekitar 300 ekor ayam ada di Kota Bogor. Cuman memang tidak terkoordinasi akhirnya main masing-masing, tidak bisa kontes dan lain-lain," katanya.

Untuk itu, lanjut Thama, PSB sebagai komunitas penghobi ayam serama yang ada di Kota Hujan ini terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung. Sehingga bisa sama-sama mengembangkan sekaligus melestarikan ayam serama.

"Kita komunitas merangkul mereka, untuk menjadikan kualitas ayam serama semakin baik dan tentunya harga jual juga semakin tinggi. Karena cara beternak ayam serama ini perlu ekstra," pungkasnya.

Related News