• 29 March 2024

Surga Ikan Channa Maruliodes Di Depok

Pandemi Covid-19 dapat mengubah hidup siapa pun, termasuk urusan sosial. Terlebih dengan pembatasan sosial sehingga sulit untuk mencari nafkah atau mengembangkan usaha. Hal ini dirasakan oleh beberapa rekan maupun klien dari Abel - pemilik Irabelco Fish and Tank.


Pembatasan pada awal pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020, membuat beberapa klien yang berdomisili di Kalimantan mengalami kesulitan dalam memasarkan ikan hias air tawar, yakni ikan Channa.

Seiring perjalanan hingga saat ini, Abel yang awalnya hanya ingin membantu memasarkan, akhirnya mulai fokus melihat animo dari penghobi ikan Channa atau dikenal snakehead emperor.

Ikan channa yang masuk dalam kelompok ikan gabus hias memang memiliki kelebihan pada bagian warna hingga coraknya. Dipastikan setiap daerah memiliki warna dan karakter berbeda sehingga banyak penghobi ikan Channa berusaha memelihara beberapa jenis.


Khusus di Irabelco Fish and Tank, jenis ikan Channa berasal dari beberapa daerah di Kalimantan. Paling tidak ada ikan Channa dari daerah Pangkalan Bun, Barito, Sentarum dan Seruyan. Seluruh ikan Channa jenis Maru masih akan terbagi dalam warna merah, kuning dan hijau.


Selain ikan Channa dari daerah Kalimantan, Irabelco Fish and Tank juga menyediakan jenis dari daerah Riau dan Jambi. Tentunya seperti yang telah tim Jagadtani jelaskan, dari seluruh jenis akan memiliki karakter berbeda. Dan asal daerah yang menjadikan nama dari ikan channa ini.


Ikan Channa jenis Maru memang memiliki pasar tersendiri, bahkan jenis ini kerap dianggap sebagai ikan channa termahal oleh sebagian orang. Khusus konsumen di Irabelco Fish and Tank lebih menggemari Ikan channa berwarna kuning seiring warna yang menarik.


Memang saat ini, Irabelco Fish and Tank masih belum berhasil mengembang-biakan ikan Channa jenis Maruliodes. Hal ini mengingat bahwa ikan channa jenis Maru masih cukup sulit dikembangbiakan.


Berbeda dengan jenis Channa lainnya, seperti Aurantimaculata dan lainnya. Kesulitan yang ditemui dalam proses breeding ikan Channa jenis Maruliodes diungkapkan oleh Sahrul salah satu staff dari Irabelco Fish and Tank.


"Untuk beberapa jenis ikan Channa lainnya, kami telah berhasil mengembang-biakan. Tetapi yang sulit jenis Maruliodes, minimal butuh lebih dari lima ekor dalam satu kolam agar tidak membuat ikan saling bertikai. Namun yang paling sulit adalah membedakan antara jantan dan betina."


Walau demikian, Irabelco Fish and Tank masih tetap berusaha untuk membudidaya ikan Channa jenis Maru. Hal ini demi menjaga kelestarian alam.

Related News