• 6 October 2022

Cetak Bibit Terbaik Demi ‘Drajat’ Ikan Lele

Sempat memulai usaha pada pembesaran ikan lele, ternyata menyediakan bibit ikan lele lebih memiliki tantangan yang berbeda dan dapat bermanfaat bagi banyak pihak. Hal ini membuat Uki dengan UD Bibit Lele Sangkuriang memilih usaha menyediakan bibit ikan lele.

Menurut Uki, menjadi peternak bibit lele merupakan penentu dari hasil panen yang diperoleh para peternak ikan lele. “Proses yang cukup panjang sebelum bibit lele diterima oleh peternak pembesaran, memberikan tantangan tersendiri. Tidak hanya cuaca, berbagai faktor harus diperhatikan agar bibit lele berkualitas bagus.

Menjadi peternak bibit lele juga dipilih Uki agar dapat meningkatkan ‘drajat’ ikan lele, seiring hasil penelitian yang mengatakan protein pada ikan lele sangat baik bagi tubuh manusia. Dari hasil penelitian, pada 100 gram daging ikan lele memiliki protein 18 gram, kalori 105 dan nutrisi lainnya. Berbagai kandungan pada ikan lele sangat baik bagi bayi, ibu menyusui, ibu hamil hingga lansia.

Dengan menggunakan nama UD Bibit Lele Sangkuriang, Uki memastikan indukan ikan lele yang digunakan memang Lele Sangkuriang. Lele sangkuriang memiliki kelebihan pada tekstur daging yang sangat bagus untuk diolah berbagai menu. Selain itu, lele sangkuriang tergolong berdaya tahan bagus dan dapat menghasilkan telur lebih banyak. Paling tidak dapat menghasilkan 50ribu telur ikan lele.

Saat ini, UD bibit Lele Sangkuriang mempunyai indukan lele lebih dari 40 ekor yang telah siap menghasilkan bibit lele sangkuriang. Dengan usia lebih dari satu tahun, dipastikan indukan lele telah siap berproduksi.

Metode alami yang digunakan UD Bibit Lele Sangkuriang dalam mendapatkan bibit lele terbaik. Hal ini bertujuan agar indukan ikan lele tetap dapat menghasilkan bibit lele yang baik. Berbeda dengan metode lainnya yang dapat memperpendek usia ikan lele.

Perkawinan lele dengan metode alam mengandalkan indukan pejantan lebih banyak dibandingkan betina. Minimal 2 indukan lele jantan dengan 1 ekor indukan lele betina. Dengan ukuran kolam 4x2 meter, maka dapat menampung indukan sebanyak 9 ekor.

Bibit ikan lele yang dihasilkan UD Bibit Lele Sangkuriang sangat diminati oleh banyak peternak pembesaran ikan lele. Namun sebelum membeli bibit ikan lele, Uki akan memastikan kesiapan peternak pada kolam pembesaran. Hal ini bertujuan agar bibit ikan lele dari UD Bibit Lele Sangkuriang dapat dimaksimalkan pertumbuhannya.

Hasil yang maksimal maka Uki berpendapat drajat ikan lele dapat meningkat sehingga harga jual semakin baik. Paling tidak ikan lele tidak dipandang sebelah mata, terlebih saat ini ikan lele berada diurutan kedua setelah ikan salmon dalam urusan kandungan nutrisi dan proteinnya.

Related News